Kandungan Gizi Beras Merah untuk Bayi & Orang Dewasa

Kandungan Gizi Beras Merah

Beras merah merupakan bahan makanan yang tidak memiliki tingkat kepopuleran seperti beras putih karena beras putih memiliki rasa yang lebih enak daripada beras merah. Proses pembuatan beras merah menggunakan proses beras tumbuk atau yang dinamakan dengan pecah kulit, dengan hanya memisahkan bagian sekamnya. Proses ini dapat merusak kandungan gizi beras merah dalam skala kecil.

Beras Merah vs Beras Putih

Kandungan Gizi Beras MerahNamun, jika dilihat dari kandungan gizinya beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan gizi yang terdapat di dalam beras putih. Warna merah yang terdapat di dalam beras merah berasal dari zat alami antosianin. Zat alami antosianin memiliki sifat antikanker, antioksidan, antihipertesin, serta antihiperglikemik. 

Di dalam secangkir beras merah tumbuk, terdapat kandungan 216,45 kalori. Selain itu, di dalam beras merah terdapat  88% kecukupan harian seperti serat, asam amino, magnesium, mangan, selenium, mineral, vitamin B kompleks, zat besi, vitamin A dan triptofan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi beras merah beserta manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Beras Merah dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh


1. Magnesium

Selain berfungsi untuk menguatkan dan menyehatkan tulang, magnesium juga berfungsi memproduksi hormon insulin yang berperan dalam mengatasi penyakit diabetes. Hal itu disebabkan karena magnesium merupakan salah satu bagian 300 enzim yang terdapat di dalam tubuh.

2. Mangan

Kandungan mangan yang terdapat di dalam beras merah berfungsi untuk membantu produksi protein, karbohidrat dan energi. Selain itu mangan juga berperan sebagai pembantu pembentukan asam lemak untuk sistem saraf serta membantu pembentukan kolesterol sehat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga, hal tersebut dapat mencegah adanya penyakit diabetes.

3. Serat

Beras merah mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan, sehingga dapat mecegah terjadinya kanker usus besar. Beras merah juga merupakan makanan yang cocok dikonsumsi sebagai menu diet sehat karena memiliki sifat mengenyangkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bagi yang belum pernah mengonsumsi beras merah dalam bentuk nasi merah, tentunya akan merasa asing saat memakannya. Mengonsumsi nasi merah juga tetap harus diimbangi dengan komponen lainnya seperti sayuran, lauk pauk, serta buah-buahan, supaya mendapat asupan nutrisi yang maksimal.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D