Cara Cepat Mengatasi Diare / Mencret Secara Alami

Cara Mengobati Diare / Mempercepat Sembuh Mencret

Sistem pencernaan merupakan saluran yang memiliki peran penting seperti memproses makanan. Makanan yang salah biasanya juga bisa menyebabkan pengaruh buruk untuk sistem pencernaan tubuh. Oleh karenanya, memastikan dan selalu menjaga agar makanan atau minuman yang dikonsumsi tetap higienis dan sehat adalah hal yang perlu senantiasa diaplikasikan.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Mencret / Diare

Salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah diare. Diare adalah gangguan sistem pencernaan yang juga disebabkan oleh makanan yang salah. Nah, untuk itu  berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi diare dengan memilih makanan yang tepat dan menghindari makanan atau minuman penyebab diare.

Cara cepat mengatasi diare / mencret secara alami
Image Source: commons.wikimedia.org
  • Menghindari minum kafein

Teh atau kopi adalah minuman yang mengandung kafein. Kafein mempunyai sifat diuretik yang dapat menyerap cairan tubuh. Hal itu bisa membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi dan bisa memperparah diare. Bila ingin minum teh, sebaiknya pilih saja teh herbal yang sehat.

  • Hindari makan snack yang mengandung pemanis buatan dan rasanya asin

Snack atau makanan kemasan yang mengandung gula buatan atau sorbitol memiliki sifat diuretik karena bukan gula alami. Sementara itu, camilan atau biskuit yang rasanya asin mempunyai kandungan sodium yang tinggi dan bisa mempermudah tubuh mengalami dehidrasi sehingga memperburuk diare.

  • Hindari Minum Susu Saat Diare

Meskipun susu memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, tapi tak baik bagi penderita diare. Itu karena komposisi dari nutrisinya cukup sulit dicerna dan diserap oleh tubuh, sedangkan pada saat itu sistem pencernaan dalam kondisi yang lemah sehingga justru bisa memperparah diare.

  • Hindari makan berlemak, pedas, dan berserat tinggi

Saat diare, ada kalanya perlu menghindari makanan sehat seperti buah dan sayur yang memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu juga perlu menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan memiliki rasa yang pedas. Makanan yang berlemak dan pedas akan keras di sistem pencernaan dan bisa membuat diare tidak mudah cepat sembuh.


Itu tadi beberapa tips saat sedang diare. Konsumsilah makanan sehat dan hindarilah makanan yang kurang sehat supaya sistem pencernaan Anda akan senantiasa sehat dan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat sepanjang hari. Semoga artikel mengenai makanan dan minuman yang perlu dihindari saat diare ini bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D