6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang – kacang yang membuat tidak sedikit orang takut mengkonsumsinya, terutama bagi kaum hawa. Hal ini disebabkan oleh anggapan jika kacang merah dapat membuat berat badan naik dan banyak mengandung gas. Namun, kacang merah ternyata mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan yang wajib diketahui. Nah apa sajakah manfaat tersebut, simak terus ya!

Khasiat & Manfaat Makan Kacang Merah bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Merah


  • Melancarkan Pencernaan
Dengan makan kacang merah dalam jumlah yang tepat dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Sebab kacang merah tinggi akan serat yang dapat menurunkan resiko terkena kanker usus besar dengan menjaga gerakan usus sehat.

  • Mencegah Stroke
Kandungan serat dan magnesium pada kacang tanah berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga terhindar dari serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

  • Mencegah Berat Badan Naik
Kacang merah bagus untuk menjaga berat badan agar tetap terkontrol dan membuat perut lebih merasa kenyang lebih lama. Dengan mencampurkan kacang merah dengan sup atau salad yang kalorinya rendah dapat mencegah kenaikan berat badan, sebab kacang merah memiliki kandungan serat tinggi.

  • Menambah Energi
Kacang merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat menambah energi bagi tubuh. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi dalam kacang merah merupakan salah satu sumber yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh serta dapat juga membantu melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh.

  • Mencegah Diabetes
Kacang merah ternyata dapat pula mencegah timbulnya diabetes. Sebab kacang tanah kaya akan serat yang dapat menurunkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Karbohidrat merupakan salah satu penyebab naiknya kadar gula darah, sebab karbohidrat akan dirubah menjadi glukosa dan apabila terjadi kelebihan glukosa dalam darah akan mengakibatkan diabetes.

  • Menyehatkan Otak
Kacang tanah memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Kandungan vitamin K yang tinggi dapat memberikan nutrisi pada sistem saraf dan otak, sehingga dapat bekerja lebih baik lagi. Selain itu, kacang tanah juga mengandung vitamin B yang sangat berguna untuk memelihara kesehatan saraf otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

Jadi, itulah tadi manfaat mengkonsumsi kacang merah bagi kesehatan. Kacang merah terkenal akan tingginya kandungan serat di dalamnya, sehingga bagus sebagai makanan penurun berat badan, sebab memberikan efek kenyang yang lebih lama. So, kenapa harus takut mengkonsumsi kacang merah? 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D