Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit


Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit

Lidah buaya, begitulah nama tanaman satu ini. Tanaman yang memiliki nama latin Aloe barbadensis Miller ini merupakan tanaman yang mudah kita temukan di daerah kering Afrika.   Kenapa dinamai lidah buaya? Mungkin disebabkan oleh bentuknya yang menyerupai lidah buaya atau mulut buaya yang bergerigi di setiap pinggiran daunnya.

Lidah buaya sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang mampu menyuburkan rambut, perawatan kulit dan menyembuhkan luka. Dengan teknologi yang sudah modern seperti sekarang ini, sudah banyak produk – produk obat  dan kosmetik berbahan dasar lidah buaya. Selain itu, sekarang sudah ada produk makanan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahannya.

Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya untuk Menyembuhkan Penyakit

Lidah buaya atau nama kerennya aloe vera ini memilik kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat mengobati penderita diabetes, kanker, dan sebagai asupan nutrisi bagi penderita HIV/AIDS. Nah, berikut ini ada beberapa macam penyakit dan cara mengobatinya dengan Aloe vera. 

  • Mengobati Diabetes

Dengan mengkonsumsi lidah buaya secara benar dapat membantu untuk menurunkan kadar gula dalam  darah Anda bagi penderita diabetes. Caranya membuat ramuan dari lidah buaya, pertama – tama siapkan lidah buaya yang telah dibuang durinya. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring dan minum ½ gelas air rebusan lidah buaya tiga kali sehari.

  • Mengobati Luka

Untuk mengobati luka ringan, seperti luka bakar, rasa perih akibat terpapar sinar matahari, memar, rasa perih akibat lecet, dan kerusakan pada sel karena frostbite Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat karena mempunyai banyak manfaat dan khasiat. 

  • Mengobati Wasir

Bagi Anda yang menderita wasir dengan mengkonsumsi lidah buaya sebagai obat dapat mengatasi masalah wasir yang Anda derita. Caranya, ambil lidah buaya setengah batang dan 2 sendok madu. kemudian parut lidah buaya tersebut, lalu tambahkan setengah cangkir air dan madu tadi. Saring dan minum tiga kali dalam sehari.

  • Melancarkan Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan sehat adalah salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat dan sebaliknya apabila pencernaan kita tidak sehat, maka tidak sehat pula tubuh kita karena dapat memicu tumbuhnya berbagai macam penyakit. Dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman yang mampu melancarkan pencernaan Anda dan sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal mampu membuat badan dan tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

  • Mengeluarkan Racun Di Dalam Tubuh

Aloe vera merupakan tanaman yang memiliki kandungan gelatin di dalamnya yang sama dengan rumput laut. Fungsi dari gelatin itu sendiri dapat menyerap racun melalui kotoran yang ada di dalam usus.


Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan kita yang sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal. Thanks for reading! 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D