Tips Hidup Sehat untuk Penderita Penyakit Lupus

Lupus merupakan suatu penyakit yang dapat membuat penderitanya mengalami gangguan pada sistem imun yang berlebihan sehingga tubuh akan menganggap bahwa semua jaringan merupakan benda asing. Penyakit ini menimbulkan gejala seperti rambut rontok, mudah lelah, ruam merah pada kulit, sariawan, diare, sembelit, mual dan muntah. Penyakit lupus dapat menimbulkan penurunan kualitas hidup pasien, oleh karena itu ada beberapa tips sehat yang dapat dilakukan oleh penderita lupus.

 
1.    Tidak Merokok

Kebiasaan merokok, baik perokok aktif maupun pasif dapat memperburuk gejala lupus. Sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan jangan mendekati atau jangan menghirup asap rokok.

2.    Berolahraga Secara Teratur

Tips hidup sehat untuk penderita penyakit lupus
Image Source: pixabay.com
Berolahraga secara teratur memang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun penderita penyakit lupus harus memilih dan melakukan olahraga yang cocok dengan kondisi tubuhnya.

3.    Mengkonsumsi Makanan Sehat

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung alfafa, yaitu asam amino di dalam kecambah atau tauge dan biji-bijian yang dapat memicu peradangan.

4.    Tidur dengan Cukup

Setiap orang dianjurkan untuk selalu mencukupi kebutuhan tidurnya selama 7 hingga 8 jam setiap malam agar dapat menstabilkan kinerja tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas seharian. Begitu pula dengan penderita lupus yang disarankan untuk mencukupi kebutuhan tidurnya namun sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi makanan dekat dengan waktu tidur.

5.    Menghindari Infeksi

Obat-obatan tertentu untuk pasien lupus dapat membuatnya lebih rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat agar tidak terjangkit bakteri atau virus.

6.    Mandi dengan Air Hangat

Penderita pasien lupus sering mengalami nyeri otot dan sendi, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mandi air hangat atau berendam di dalam air panas.

Selain itu, usahakan untuk tetap menjaga kesehatan mental dengan selalu merasa tenang dan senang karena kondisi mental yang buruk seperti stres justru akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh. (Baca juga: Gejala Penyakit Hipertiroid dan Cara Mengatasinya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D