Ternyata Foto Selfie Dapat Mendeteksi Masalah Kulit

Untuk mengabadikan gambar dengan menggunakan ponsel atau kamera memang sudah menjadi hal yang sering dijumpai terutama fenomena selfie atau memfoto diri sendiri memang sudah menjadi trend pada jaman sekarang. Fenomena ini bahkan sudah banyak dilakukan oleh setiap orang. Ternyata kebiasaan yang berguna untuk mengabadikan moment penting ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi masalah kulit.
 
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa selfie dapat membantu seseorang untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan mengatasi masalah kulit. Bagi orang yang gemar berselfie dan merasa sedang mempunyai masalah kulit, dia dapat berfoto dan mengirimkannya ke dokter kulit untuk dideteksi dan diidentifikasi masalahnya lebih lanjut.

Ternyata foto selfie dapat mendeteksi masalah kulit
Image Source: pixabay.com
Penelitian tersebut dilakukan oleh April Amstrong dari University of Colorado, Denver, Amerika Serikat. Penelitian ini telah melibatkan 156 orang yang terdiri atas anak-anak dan orang dewasa yang mengalami masalah kulit eczema atau eksim sebagai responden. Penelitian ini juga telah membagi responden menjadi dua kelompok, yaitu kelompok  pertama yang terdiri atas 78 orang yang diminta untuk melakukan perawatan dengan mendatangi klinik atau rumah sakit dan kelompok kedua yang terdiri atas 78 orang lainnya tetap melakukan perawatan lebih lanjut tetapi secara online.

Kelompok kedua diminta untuk mengirimkan foto bagian tubuh mereka yang terkena penyakit kulit kepada dokter kulit. Pada saat itu, dokter kulit akan melakukan identifikasi terhadap masalah kulit yang mereka alami kemudian para dokter akan memberikan resep dan rekomendasi pengobatan kepada para pasiennya.

Penelitian ini dilakukan selama satu tahun dan hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 44% pasien belum sembuh dan masih  melakukan perawatan lanjutan dengan mendatangi dokter kulit, klinik atau rumah sakit masih mempunyai masalah dengan eksim dan masih membutuhkan perawatan lebih lanjut. Sedangkan, 38% pasien yang belum sembuh masih melanjutkan perawatan onlinenya. Hal tersebut membuktikan bahwa orang yang melakukan perawatan online mempunyai lebih banyak waktu untuk berkonsultasi dibandingkan dengan mereka yang melakukan perawatan dengan mendatangi dokter secara langsung.

Informasi ini tentunya menjadi kabar gembira bagi mereka yang memiliki masalah kulit sekaligus mempunyai hobi selfie. (Baca juga: Bahaya Foto Selfie dan Groupie bagi Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D