Bahaya Foto Selfie dan Groupie bagi Kesehatan

Bahaya & Efek Negatif Kecanduan Selfie dan Groupie 

Jika membahas kebiasaan yang satu ini, pasti hampir semua orang pernah melakukannya. Mulai dari anak kecil sampai dewasa pernah melakukan yang namanya selfie (self image). Selfie merupakan suatu kegiatan memotret diri sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital yang dimiliki, kemudian diunggah ke jejaring sosial, seperti facebook, twitter, instagram, path dan Google plus.  Kegiatan ini telah menjadi tren di seluruh penjuru dunia, mulai dari orang biasa sampai orang dengan jabatan tinggi seperti presiden juga melakukan kegiatan selfie.

Selain itu, sekarang  ini telah muncul istilah memotret diri yang hampir mirip dengan selfie, yaitu groupie. Groupie berasal dari singkatan group dan image, yakni kegiatan memotret bersama – sama, minimal 2 orang atau lebih dengan kamera ponsel atau kamera digital yang dimiliki, kemudian dipunggah ke jejaring sosial. Jadi, selfie dengan groupie hanya dibedakan banyaknya orang yang memotret diri sendiri dan alat bantu groupie menggunakan biasanya menggunakan tongsis atau tongkat narsis. Hebatnya lagi, tongsis pertama kali diciptakan di Indonesia loh! 


Dampak Buruk & Bahaya Foto Selfie / Groupie Terlalu Sering alias Kecanduan

Nah, kembali lagi ke bahayanya terlalu sering melakukan selfie dan groupie bagi kesehatan.


  • Membuat Kurang PD yang melihatnya
Bahaya Foto Selfie & Groupie bagi Kesehatan
Image Source: en.wikipedia.org
Foto hasil selfie biasanya diunggah ke media jejaring sosial dan dilihat oleh teman – teman di sosmed tersebut. Nah, menurut sebuah penelitian hal tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri bagi yang melihatnya. Hal itu dapat terjadi karena seringnya kita melihat foto selfie, terutama teman dekat, kemudian memandang negatif dan membandingkannya dengan diri sendiri. Sehingga membuat menurunnya rasa percaya diri seseorang apabila sering melihat foto tersebut.


  • Menularkan Kutu Rambut
Nah, inilah yang patut diwaspadai bagi yang sering melakukan foto groupie. Hal ini dapat terjadi karena foto groupie dilakukan oleh 2 orang atau lebih, sehingga membuatnya untuk saling berdekatan. Karena jarak yang begitu dekat inilah membuat rambut saling bersentuhan dan menularkan kutu rambut dari orang satu ke orang yang di sebelahnya. Selain kutu rambut, bahaya ketombe juga sering menjadi dampak negatif dari groupie.


  • Membuat Kecanduan
Selfie ternyata dapat membuat seseorang menjadi ketagihan dan setiap saat ingin melakukannya. Foto selfie memang mudah untuk dilakukan, cukup dengan membalikkan kamera lalu memencet tombol shooter atau bisa juga menggunakan timer. Namun, dengan kecanggihan teknologi sekarang ada ponsel yang dilengkapi dengan kamera depan, sehingga memudahkan untuk mengambil foto diri sendiri. Namun, kemudahan itu dapat berakibat buruk terhadap kesehatan, terutama terhadap  psikologis atau mental. Terlalu sering melakukan selfie yang setiap jamnya bisa menghabiskan 100 bahkan lebih jepretan perlu diwaspadai adanya gangguan psikologis dan stress.


Nah, itulah tadi bahayanya jika keseringan melakukan foto selfie atau groupie bagi kesehatan. Jadi, memfoto diri sendiri memang wajar dan tetap baik, namun jangan terlalu sering melakukan hal tersebut sampai kecanduan. Batasi pengambilan foto diri sendiri dan foto yang diunggah ke jejaring sosial. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D