Ramuan Alami Pelancar Air Susu Ibu / ASI

Ketika hamil, seorang ibu akan mengalami beberapa kondisi yang membuatnya tidak nyaman karena adanya perubahan hormon dan fisik. Namun, kondisi ini tidak berhenti saja ketika ibu sudah melahirkan karena ada beberapa gejala yang dihadapi ketika memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya seperti ASI yang tidak lancar hingga munculnya ruam kemerahan di sekitar payudara.

Ramuan pelancar ASI

Untuk memperlancar ASI, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari bahan-bahan alami. Adapun cara pembuatannya dapat adalah sebagai berikut :

1.    Bahan 

7 helai daun adem ati segar, 3 rimpang kunyit, 1 rimpang temulawak yang mempunyai ukuran sebesar telur ayam, 3 rimpang kencur, 1 sendok teh mungsi dan 1 sendok teh adas.

2.    Cara Pembuatannya

Cucilah semua bahan-bahan tersebut hingga bersih, kemudian tumbuklah hingga halus dengan diberikan 2 gelas air matang. Peras dan saring airinya, tambahkan gula aren dan air perasan jeruk nipis untuk menambahkan sensasi rasa di dalamya. Sebaiknya konsumsilah jamu ini 1 minggu setelah bersalin secara teratur yaitu sekali dalam sehari. Namun, bila merasa kesulitan untuk menemukan daun adem ati sebaiknya gantilah dengan ½ genggam daun pegagan.

3.    Khasiat Ramuan 

Ramuan tersebut mengandung zat alkaloid, tanin, flavonoid, dan minyak atsiri yang berguna untuk anti-radang. Sementara kandungan temulawak juga mengandung zat curcumin yang dapat memperlancar keluarnya ASI. Sedangkan kencur dan adas mempunyai sifat menghangatkan yang dapat menambah nafsu makan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah ramuan tersebut secara teratur dengan tetap memilih bahan-bahan yang segar. (Baca juga: Perbedaan Darah Menstruasi dan Darah Awal Kehamilan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D