Manfaat Squat Jump untuk Pembentukan dan Kesehatan Tubuh

Squat jump merupakan gerakan olahraga yang dilakukan dengan cara menggerakkan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Gerakan olahraga ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada otot paha dan betis, namun untuk melakukannya diperlukan dengan langka yang benar agar terhindar dari resiko cidera. Berikut ini adalah cara melakukan squat jump dengan benar :

Manfaat squat jump
en.wikipedia.org
  • Posisikan tubuh dengan berdiri dan membuka kaki sebatas bahu
  • Gantungkanlah lengan pada bagian telinga atau di belakang kepala
  • Kemudian, berjongkoklah hingga ke pusat lutut membentuk sudut 90 derajat
  • Lakukan gerakan ayunan untuk lengan sembari melompat tinggi sesuai dengan batas kemampuan yang dapat dijangkau
  • Ketika posisi badan sudah kembali mendarat, maka lakukan dengan perlahan dengan lutut kembali menekuk pada posisi jongkok
  • Lakukan semua gerakan tersebut secara berulang-ulang

Gerakan jongkok saat melakukan squat jump mampu membangkitkan kekuatan otot tubuh bagian bawah seperti otot betis dan paha. Sementara gerakan mengangkat tubuh akan membuat sistem otot menjadi lebih kuat, sedangkan tekanan yang terjadi saat tubuh mendarat juga akan membuat otot tubuh menjadi lebih lebar sehingga pembentukan kekuatan tubuh menjadi lebih baik.

Selain mudah untuk dilakukan dan dapat dilakukan dimana pun, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, melancarkan peredaran darah, dan dapat meningkatkan konsentrasi berpikir.
Namun sebelum melakukan squat jump, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot dan mencegah terjadinya cidera otot seperti kram, nyeri sendi dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Olahraga Capoeira bagi Kesehatan Tubuh)
 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D