Makanan Pengganti Obat Tidur untuk Mengatasi Insomnia

Akibat gaya hidup yang tidak sehat seringkali dapat memicu adanya berbagai masalah kesehatan satunya adalah sulit untuk tidur dengan nyenyak padahal tubuh manusia memerlukan istirahat dengan cukup untuk memulihkan tenaga. Untuk mendapatkan  tidur nyenyak dan berkualitas bisa diwujudkan dengan makanan yang pengganti obat tidur karena jika mengkonsumsi obat tidur meski efektif namun dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Makanan pengganti obat tidur untuk mengatasi insomia

1.    Madu

Di dalam madu terdapat kandungan protein hewani yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak, cara mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa sendok madu ke dalam teh hangat untuk dikonsumsi sebelum tidur.

2.    Telur Rebus

Kelaparan di malam hari, seringkali membuat seseorang kesulitan untuk tidur. Mengkonsumsi telur rebut berprotein tinggi dapat menjaga kesehatan tubuh dan memperbaiki kualitas tidur.

3.    Kacang Almond

Selain telur rebus, kacang-kacangan seperti kacang almond juga dapat memberikan kualitas tidur yang nyenyak berkat kandungan magnesium yang membuat otot menjadi rileks sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan tidur.

4.    Sereal

Dari hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sereal yang rendah gula dapat mengaktifkan hormon serotin di dalam otak sehingga dapat membuat mood menjadi lebih baik dan dapat membuat rasa kantuk yang intens setelah mengkonsumsinya.

5.    Popcorn

Kandungan karbohidrat dan tryptophan di dalam popcorn dapat menghasilkan hormon serotonin sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur.
 
Selain mempunyai rasa yang enak ketika dikonsumsi dan berguna untuk penganti obat tidur, semua makanan tersebut juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. (Baca juga: Tips Memilih Cokelat untuk Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D