Cara Mencegah Dehidrasi Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Pada saat ini seluruh ummat muslim seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa merupakan kondisi dimana seseorang menahan segala nafsunya termasuk makan dan minum sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan banyak cairan karena sekitar 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Hal tersebut sering menjadi kendala berat bagi mereka yang menjalankannya terutama mereka yang harus beraktivitas di bawah terik sinar matahari.


Mencegah dehidrasiSebenarnya dehidrasi bukanlah kondisi yang menyehatkan bagi tubuh, namun kondisi tersebut tidak dapat menghalangi niat seseorang untuk berpuasa selama seharian penuh. Biasanya dehidrasi selama berpuasa akan membuat kulit dan bibir menjadi kering dan tubuh menjadi lemas khususnya di siang hari. Namun, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan nikmat ada beberapa cara yang berguna untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.

1.    Penuhi Asupan Air Saat Sahur dan Berbuka

Para ahli menganjurkan bahwa setiap manusia membutuhkan asupan cairan dengan mengkonsumsi sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. oleh karena itu, untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa sebaiknya penuhilah asupan cairan ketika sahur dan berbuka.

2.    Hindari Kafein dan Minuman Bersoda

Jika tidak ingin mengalami dehidrasi selama berpuasa, sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda karena kedua minuman tersebut dapat membuat tubuh lebih mudah lemas.

3.    Perbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sayur dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang berguna untuk mencegah dehidrasi, khususnya saat menjalankan puasa. Memperbanyak makan buah dan sayur sangat disarankan untuk sahur serta berbuka puasa karena selain mengandung banyak nutrisi, keduanya juga dapat mencukupi kebutuhan cairan.

4.    Air Kelapa

Air kelapa mengandung isotonik dan elektrolit alami yang baik diminum saat berbuka puasa untuk mencukupi kebutuhan cairan yang hilang.

Menjalankan ibadah puasa harus dilandasi dengan rasa niat dan ikhlas, agar bermanfaat dan tidak hanya menahan rasa lapar dan haus saja. (Baca juga: Cara Mencegah Nafas Tidak Segar saat Berpuasa)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D