Cara Alami Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil

Saat hamil, tak jarang wanita mengalami perut kembung, hal ini tentunya dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Biasanya perut kembung terjadi karena gejala masuk angin seperti mual, berkeringat dingin, dan merasa pusing.

Gambar: Ibu hamil sehat |
Sumber: https://www.flickr.com/photos/bayuaditya/15959597923
Salah satu penyebab seseorang masuk angin dan perut kembung adalah kurang tidur, stres, dan terlambat mengkonsumsi makanan. Sedangkan beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami masuk angin adalah karena banyaknya bakteri penghancur makanan pada sistem pencernaan sehingga menyebabkan banyaknya gas pada rongga perut. Ada beberapa cara yang berguna untuk mengatasi perut kembung pada ibu hamil.

1.    Mengkonsumsi Teh Manis Hangat

Salah satu cara yang berguna untuk mengatasi perut kembung pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi teh hangat. Jenis teh yang dapat dipilih adalah teh hijau atau teh hitam. Sebaiknya, seduhlah teh tersebut agar kandungannya tetap terjaga. Untuk mendapatkan rasa yang menyegarkan tambahkan perasan lemon atau satu sendok madu.

2.    Mengkonsumsi Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi perut kembung. Cara pengolahannya juga cukup mudah, yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu hingga bersih kemudian tumbuk sampai halus untuk direbus. Minumlah air rebusan tersebut dengan ditambahkan dengan satu sendok madu.

3.    Mengkonsumsi Sup Hangat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi sup hangat agar membuat perut menjadi lebih nyaman.

4.     Berolahraga Secara Teratur

Agar sistem metabolisme dan sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lebih lancar, sebaiknya lakukan olahraga secara teratur untuk mengurangi gas di dalam perut seperti berjalan santai, berenang dan melakukan olahraga ringan lainnya.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan salah satu cara tersebut secara teratur dengan porsi yang bijaksana atau secukupnya. (Baca juga: Bahaya Merkuri bagi Ibu Hamil dan Janinnya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D