Apa Itu Sindrom Steven Johnson ?

Sindrom Steven Johnson atau SSJ merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya kelainan pada area kulit mukosa orifisium, kelainan pada area kulit vesikulobulosa dan disertai dengan penurunan berat badan. Pada umumnya, kasus penyakit ini lebih banyak ditemukan pada laki-laki, namun penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik balita hingga lansia.

Apa itu Sindrom Steven Johnson?
Image Source: pixabay.com
Penyebab dari penyakit Sindrom Steven Johnson belum diketahui secara pasti dan jelas karena dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor umum yang menjadi penyebab penyakit ini adalah respon negatif terhadap obat yang dikonsumsi. Penyebab lain dari penyakit ini diantaranya adalah karena infeksi virus, infeksi jamur, infeksi bakteri hingga parasit dan obat-obatan yang mengandung salisilat, penisilin, sulfa, antikonvulsan dan obat anti inflamasi non steroid yang terdapat di dalam makanan.

Apabila penyebab penyakit ini adalah obat-obatan maka salah satu gejala yang akan timbul selama 21 hari mengkonsumsi obat akan menimbulkan gejala klinis yang akan muncul dalam episode tunggal yang terjadi berulang kali sehingga keadaannya menjadi lebih buruk. Adapun pengobatannya dapat dilakukan melalui terapi suportif,  kortikosteroid, Human Intravenous Immonuglobulin, hingga anthistamin dan antibiotika.

Sedangkan pada kasus ringan, penyembuhannya dapat terjadi hingga selang 2 – 3 minggu karena hanya sedikit penderitanya mengalami kondisi kritis hingga kematian karena posentasenya hanya berkisar sekitar 5% hingga 15% saja. Meskipun demikan, namun tetap diperlukan untuk tetap melakukan pengobatan dan pencegahannya sejak dini. (Baca juga: Penyebab dan Gejala Kanker Kulit)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D