Agar Tidak Cepat Haus dan Mengantuk Selama Berpuasa

Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya kebanyakan orang lebih sering mengeluhkan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar terutama saat cuaca sedang terik. Selain itu, merasa cepat mengantuk dan merasa lemas ketika menjalankan ibadah puasa di siang hari merupakan salah satu hambatan saat berpuasa. Biasanya kondisi tersebut disebabkan karena kesalahan dalam memilih menu makanan saat sahur.
Cepat haus dan mengantuk Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak serta sayur dan buah-buah merupakan menu makanan sehat untuk menu sahur agar terhindar dari rasa cepat haus dan kantuk berlebihan. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi merah, nasi hitam dan kentang yang direbus beserta kulitnya. Sementara untuk asupan protein bisa didapatkan dari mengkonsumsi ikan, putih telur dan daging ayam.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih tiga hingga empat gelas saat sahur. Sebaiknya, jangan mengkonsumsi minuman manis terlalu banyak karena dapat menyebabkan kecelakaan energi, yaitu kondisi dimana kadar gula naik dengan cepat dan turun dengan lambat sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk dan lemas di siang hari.

Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur. dr Samuel menekankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, yaitu gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari.

Hal yang harus diingat ketika sahur adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan bumbu penyedap karena dapat menyebabkan kehausan saat berpuasa. Di samping itu, hindari pula makanan dan minuman yang mengandung banyak kafein seperti kopi, teh dan cokelat karena sifat diuretik di dalamnya dapat meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil.
Selain dapat melancarkan ibadah puasa, cara ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ketika berpuasa karena menjaga asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka merupakan hal yang penting. (Baca juga: Cara Mencegah Dehidrasi Selama Menjalankan Ibadah Puasa)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D