Manfaat Selai Kacang Sebagai Makanan Diet


Selai kacang biasanya dipakai sebagai pelengkap roti tawar yang dikonsumsi ketika sarapan. Roti dengan selai kacang merupakan makanan favorit kebanyakan orang, selain enak untuk dikonsumsi ternyata selai kacang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Di dalam selai kacang terdapat kandungan serat dan protein tinggi.

mafaat selai kacang
Karena kandungan tersebut, selai kacang dapat menurunkan berat badan karena mempunyai sifat efektif untuk mengendalikan rasa lapar. Kandungan serat dan protein tinggi di dalamnya mampu membuat rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan dan dapat mencegah kebiasaan ngemil sebelum jam makan tiba.

Di sisi lain, selai kacang telah menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu mengurangi resiko terkena berbagai penyakit ringan hingga kronis seperti gangguan pencernaan, diabetes hingga penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Medial Association telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 1 ons selai kacang secara rutin dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes sebesar 30%.

Di dalamnya selai kacang juga terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, juga terdapat kandungan senyawa antioksidan yang terdiri dari vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin E yang baik untuk kulit, kandungan polifenol yang berguna untuk mengurangi resiko terkena kanker dan kandungan magnesium yang berfungsi untuk memperkuat tulang.

Ternyata di balik rasanya yang nikmat, di dalam selai kacang terdapat banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berguna untuk menurunkan berat badan. (Baca Juga: Diet Natrium bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D