Manfaat Buah Kesemek untuk Mengobati Penyakit

khasiat dan manfaat buah kesemek
Kesemek merupakan buah yang cukup dikenal oleh masyarakat namun tidak banyak orang yang menyukai buah ini karena memiliki rasa sepet. Buah ini mempunyai nama latin Diospyros yang juga dikenal dengan sebutan buah kaki, jika matang buah ini berwarna jingga kekuningan hingga kemerahan, biasanya memiliki diameter 2 hingga 8 cm. Ciri-ciri yang dimiliki begitu khas sehingga sangat mudah untuk mengenalinya.

Jika ingin menghilangkan rasa sepetnya dapat dilakukan dengan cara mengolesi buah kesemek segar menggunakan air kapur, selain enak dimakan secara langsung buah kesemek juga dapat diolah menjadi es krim, selai dan agar-agar. Semua orang tentunya sudah mengetahui bahwa semua buah mempunyai kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh tak terkecuali dengan buah kesemek.

1. Baik Untuk Ibu Hamil

Para ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, protein, karbohidrat dan kalium, semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi buah kesemek ketika hamil dapat membantu meningkatkan kadar gula sehingga dapat terhindar dari penyakit anemia dan kandungan antioksidan yang dimiliki berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

2. Makanan Diet Sehat

Karbohidrat yang terkandung di dalamnya berguna sebagai pengganti nasi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk makanan diet. Selain itu, kandungan proteinnya memiliki kemampuan untuk membantu memberikan nutrisi ketika menjalankan program diet sehat.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin E yang dimiliki terbukti ampuh untuk mencegah terjadinya penuaan dini karena semua kandungan tersebut berperan untuk menjaga kesehatan kulit, membuat kulit menjadi kencang dan halus.

Setelah mengetahui beberapa khasiatnya berikut ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat buah kesemek sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengatasi Batuk berdahak
  • Sediakan 2 potong buah kesemek kering dengan sedikit air
  • Kukuslah hingga matang, diinginkan sebentar
  • Kemudian tumbuk sampai halus
  • Tambahkan beberapa sdm madu
  • Konsumsilah secara teratur
2. Mengobati Hepatitis

Para ahli menyarankan para pasien hepatitis untuk mengkonsumsi buah kesemek setiap hari maksimal 1 buah dalam sehari, hal tersebut berguna untuk mengobati penyakit diabetes.

3. Mengobati diare
  • Siapkan 2 potong buah kesemek kering
  • Rebuslah hingga melumat menjadi bubur
  • Tambahkan beras ketan secukupnya dan potongan jeruk nipis
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Setelah itu, makanlah selagi hangat
Semua manfaat dan khasiat buah kesemek bisa didapatkan secara maksimal apabila mengkonsumsinya secara teratur serta dalam porsi yang bijaksana atau tidak berlebihan. (Baca Juga:  Manfaat Buah Alpukat Mentega bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D