Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Perut Buncit

Mempunyai perut buncit merupakan hal yang dianggap sebagai keluhan, khususnya bagi mereka yang sangat peduli dengan penampilan. Perut yang buncit tidak hanya dimiliki oleh orang yang bertubuh gemuk saja karena beberapa orang yang mempunyai tubuh kurus juga memilikinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut buncit, yaitu kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari akan membuat perut menjadi buncit.

Kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit
Image Source: pixabay.com
1. Terlalu Sering Minum Minuman Bersoda

Kandungan gula tinggi yang terdapat di dalam minuman bersoda dapat membuat lingkar pinggang menjadi melar dengan cepat sehingga perut menjadi buncit.

2. Makan Menjelang Tidur

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi saat menjelang tidur merupakan salah satu faktor penyebab perut buncit. Oleh karena itu, jika lapar di malam hari sebaiknya konsumsilah makanan yang rendah lemak dan karbohidrat.

3. Terlalu Lama Duduk

Kebiasaan duduk terlalu lama akan menyebabkan terjadinya penumpukan metabolisme gula dan lemak pada bagian perut sehingga membuat perut buncit. Jika diharuskan melakukan pekerjaan dengan duduk dalam waktu lama sebaiknya luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk.

4. Makan Terburu-buru

Untuk memberikan pesan kenyang hingga sampai ke otak, tubuh memerlukan beberapa waktu untuk menyampaikannya. Oleh karena itu, makan terburu-buru akan membuat perut buncit karena meskipun sudah makan tubuh tetap terasa kenyang.

5. Jam Makan yang Tidak Teratur

Mempunyai jam makan yang tidak beraturan akan membuat proses metabolisme menjadi kacau. Jika melewati jam makan, tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga lemak akan menutupi kekurangan tersebut.

Selain dapat mengurangi penampilan, perut buncit juga merupakan tanda bahwa sistem metabolisme di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. (Baca Juga: Penyebab Susah Buang Air Besar / Sembelit )



Advertisement

Artikel Lainnya :-D