Penyebab Susah Buang Air Besar / Sembelit

BAB atau Buang Air Besar merupakan suatu kegiatan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak menjadikan sebuah sarang penyakit atau menyebabkan beberapa macam gangguan kesehatan. Normalnya buang air besar sebanyak 1 kali dalam sehari dan biasanya terjadi pada pagi hari. Namun, tidak semua orang dapat rutin buang air besar. Ada beberapa macam gangguan pada sistem pencernaan sehingga mengakibatkan beberapa macam masalah saat buang air, salah satunya adalah sembelit.

Sembelit merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan saat ingin buang hajat. Sembelit juga dapat mengakibatkan beberapa macam masalah lagi pada daerah anus. Seperti pembengkakan pembuluh darah di anus, buang air besar bercampur darah dan beberapa gangguan lainnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa macam hal, seperti berikut ini!
  • Stress
Stress karena kurang tidur juga dapat menyebabkan susah buang air besar (BAB). Sebab, stress dapat mempengaruhi syaraf pada otak, sehingga berpengaruh terhadap proses pencernaan yang ada di dalam tubuh. Jadi, apabila ingin terhindar dari sembelit atau susah buang air besar, maka hindari pula stress.
  • Kurang cairan
Apabila tubuh mengalami kekurangan, selain dapat mengakibatkan dehidrasi dan gangguan metabolisme ternyata juga dapat mengakibatkan sembelit. Hal ini dikarenakan kotoran akan menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Akibatnya akan mengakibatkan sembelit dan bahkan keluar darah segar bersamaan dengan kotoran. Oleh karena itu, konsumsi air mineral minimal 8 gelas setiap harinya supaya terhindar dari susah buang air besar (BAB).
  • Obat-obatan
Beberapa jenis obat – obatan juga ada yang mempunyai efek samping susah buang air besar, seperti obat sakit kepala. Apabila mengkonsumsi obat – obatan tersebut, maka harus diimbangi dengan makan makanan yang kaya akan serat dan minum yang banyak supaya tidak menimbulkan efek samping.

Jadi, susah buang air besar tidak hanya disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang serat. Namun juga dikarenakan oleh beberapa macam hal diatas. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Cara Mengobati Perut Kembung secara Tradisional )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D