Cara Minum Teh Hijau yang Baik dan Benar

tata cara mengkonsumsi teh hijau
Teh merupakan minuman hangat yang cocok sekali diminum saat cuaca sedang dingin dan bersama keluarga. Teh sudah terkenal sejak jaman dahulu dan sudah memiliki berbagai macam jenis teh yang sudah terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya adalah teh hijau.

Seperti namanya, teh hijau memiliki warna hijau saat diseduh. Teh jenis dikenal akan kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan yang dapat ditemukan dalam teh hijau ini adalah antioksidan yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk mencegah bau mulut, menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, menyehatkan jantung, serta manfaat lainnya.  Oleh karena itu, banyak yang menyarankan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Namun, sudah tahukah cara mengkonsumsi teh hijau yang baik dan benar?

Untuk mengkonsumsi teh hijau ada beberapa cara yang harus diketahui bagi penikmat teh ini. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasannya!
  • Konsumsi Maks. 3 Cangkir Sehari
Teh hijau memang merupakan minuman sehat yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Meskipun begitu, mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan zat antioksidan jenis tanin yang ada dalam teh hijau apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan keracunan bahkan kerusakan pada organ hati. Jadi, alangkah baiknya jika mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2 – 3 cangkir saja per harinya.
  • Hindari Mengkonsumsi Saat Perut Kosong
Tidak hanya kopi saja yang memiliki kandungan kafein di dalamnya, ternyata teh hijau juga mengandung kafein di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi teh hijau pada saat perut kosong atau di pagi hari sebelum sarapan dapat mengganggu sistem pencernaan dan kadar asam dalam lambung.
  • Konsumsi 30 Menit Setelah Makan
Kebanyakan orang tidak sadar atau tidak tau setelah makan langsung mengkonsumsi teh hijau. Padahal kebiasaan ini dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh. Selain itu, resiko naiknya kadar asam lambung juga akan didapat.
  • Hindari Minum Larut Malam
Kebiasaan malam mengkonsumsi teh hijau juga dapat berdampak buruk terhadap pola tidur. Selain itu, dapat pula menyebabkan stress. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein di dalam teh hijau yang dapat mengakibatkan sulit tidur atau insomnia.

Nah, itulah tadi beberapa cara minum teh hijau yang baik dan benar. Jadi, teh hijau selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ternyata juga memiliki aturan atau cara untuk mengkonsumsinya yang baik dan benar. Sehingga tidak menimbulkan beberapa gangguan bagi kesehatan. (Baca Juga: Efek Samping Konsumsi Teh Hijau Berlebihan (Salah Porsi) )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D