-->

Efek Samping Minum Teh Hijau Setiap Hari Terus Menerus & Berlebihan

Efek Samping Konsumsi Teh Hijau Tiap Hari Secara Berlebihan

Teh merupakan salah satu tumbuhan yang sudah sejak dahulu diolah menjadi minuman seperti namanya yaitu teh/tea  yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Teh juga memiliki beragam jenis, salah satunya adalah teh hijau. Kenapa dinamakan teh hijau? Sebab sesuai dengan namanya, teh ini memiliki warna hijau saat diseduh. Berbeda dengan teh pada umumnya yang berwarna coklat.

Seperti yang diketahui, teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan banyak dianjurkan oleh para ahli untuk mengkonsumsi teh ini. Namun tahukah jika mengkonsumsi teh hijau juga dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya, simak jawabannya berikut ini!


Bahaya & Dampak Buruk atau Efek Negatif dari Mengkonsumsi Teh Hijau Berlebihan Setiap Hari Terus Menerus 


Efek Samping Minum Teh Hijau

  • Menyebabkan Naiknya Asam Lambung
Teh hijau memiliki kandungan zat tanin yang dapat memicu lambung untuk memproduksi asam lebih banyak. Hal ini sangat berbahaya bagi penderita asam lambung, sehingga sebaiknya hindari mengkonsumsi teh hijau berlebihan bagi penderita asam lambung. Meskipun demikian, teh hijau masih aman bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan asam lambung.

  • Mengganggu Kesehatan Ginjal
Hindari mengkonsumsi teh hijau yang bersamaan dengan obat dari dokter atau sedang dalam pengawasan medis. Hal ini dapat mengganggu kesehatan dan kinerja ginjal, sehingga menimbulkan masalah pada ginjal. Sebab, cara kerja teh hijau berbeda dengan obat – obatan dari dokter. Bukan penyakit yang akan hilang, namun penyakit yang datang.

  • Mengganggu Sekresi Hormon
Mengkonsumsi secara berlebihan memang sangat tidak dianjurkan dan tidak baik bagi kesehatan, begitu juga dengan teh hijau yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Akibatnya dapat mengganggu sekresi hormon dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi teh hijau berlebihan. Konsumsi teh hijau maksimal 3 cangkir per harinya.

  • Mengganggu Penyerapan Zat Besi
Selain dapat menaikkan kadar asam lambung pada penderita asam lambung, teh hijau ternyata juga dapat mengakibatkan gangguan kemampuan darah untuk menyerap zat besi dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Oleh karena itu, hindari konsumsi teh hijau berlebihan.

  • Insomnia
Seperti halnya kopi, teh hijau memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Sehingga sepatutnya untuk menghindari konsumsi teh hijau secara berlebihan. Akibatnya akan mengalami kecemasan dan susah untuk tidur atau mengalami insomnia.

  • Mengganggu Kesehatan Janin
The hijau juga tidak disarankan bagi wanita hamil atau sedang mengandung. Sebab kandungan kafein yang cukup tinggi pada teh hijau dapat mengakibatkan gangguan pada otak janin, sehingga sulit untuk berkembang.

Nah, demikian tadi efek samping mengkonsumsi teh hijau bagi kesehatan. Jadi, teh hijau dapat menimbulkan penyakit apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan juga tidak diperuntukkan bagi wanita hamil. Seperti yang diketahui, sesuatu yang berlebihan tidak akan pernah baik bagi diri sendiri, baik dalam segi kesehatan ataupun yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel