Akibat Terlalu Sering Naik Pesawat bagi Kesehatan

Semakin berkembangnya mode transportasi sangat membantu mempermudahkan untuk pergi ke suatu tempat yang dikehendaki. Baik itu melewati jalur darat, laut, atau bahkan udara. Dan kebanyakan orang memilih transportasi udara sebagai jalan yang bebas hambatan. Transportasi yang umum digunakan di jalur udara adalah pesawat terbang.

Akibat Terlalu Sering Naik Pesawat bagi Kesehatan
Sumber Gambar:
http://viewology.net/thai-airasia-hs-aaj-boeing-737-301-plane-11-photos-2/476/
Pesawat merupakan alat transportasi yang banyak digunakan orang untuk berpergian ke tempat yang jauh, seperti antar propinsi, antar pulau, antar negara dan untuk beribadah haji. Sehingga seiring berjalannya waktu, transportasi laut mulai menurun peminatnya.

Meskipun menawarkan perjalanan yang cepat dan tanpa hambatan, sering naik pesawat juga memiliki beberapa macam masalah kesehatan. Beberapa masalah tersebut dapat disebabkan oleh jarak tempuh yang terlalu lama atau karena hal lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa macam akibat sering naik pesawat bagi kesehatan tubuh.
  • Bau Mulut
Ketika naik pesawat, tekanan udara semakin besar. Hal ini membuat fungsi tubuh menjadi melambat selama berada di dalam pesawat. Sehingga tubuh akan lebih memprioritaskan fungsi lainnya sebagai pengganti fungsi tubuh yang melambat tadi. Salah satunya berdampak pada kelenjar ludah yang membuat produktivitas air liur menjadi menurun. Alhasil bakteri yang berada di dalam mulut menjadi berkembang dan mengakibatkan bau tidak sedap ada mulut atau bau mulut.
  • Kaki Bengkak
Ketika duduk dalam jangka waktu yang lama dan berada pada tempat yang sempit dapat membuat kaki menjadi bengkak. Begitu juga saat naik pesawat yang memiliki tempat duduk sempit dan tidak dapat dibuat untuk selonjoran. Apalagi perjalanan yang ditempuh sangat jauh dan menempuh waktu yang lama dapat membuat kaki bengkak. Ditambah lagi dehidrasi dalam pesawat, apabila tidak menyediakan air mineral sebagai bekal perjalanan. Selain bengkak, kaki akan mengalami kesemutan dan memberikan rasa tidak nyaman saat naik pesawat. Sebaiknya pilihlah pesawat yang memiliki tempat duduk yang cukup luas dan dapat dibuat tidur atau berselonjorran sehingga dapat terhindar dari kaki bengkak dan kesemutan.
  • Menurunkan Selera Makan
Menurut sebuah penelitian pada tahun 2010 menyatakan ketika naik pesawat,  seseorang akan kehilangan kemampuan untuk merasakan makanan sebanyak 30%. Hal ini dikarenakan udara kering di dalam pesawat membuat selaput lendir dan saluran hidung menjadi kering serta tidak menjadi lembab. Sehingga menurunkan kemampuan merasakan makanan dan menurunkan juga selera makan para penumpang.
  • Pusing dan Pening
Menggunakan transportasi udara lebih sering mengalami hal yang tidak terduga, contohnya ketika jalur penerbangan dihadang oleh awan cumulonimbus yang sangat berbahaya bagi penerbangan. Sehingga pilot memilih menaikkan pesawat lebih tinggi. Semakin tinggi jalur pesawat yang ditempuh, maka kadar oksigen akan semakin menurun. Apabila tubuh kekurangan oksigen dapat membuat kepala menjadi pusing, pening dan mudah sekali lelah. Namun jangan kawatir, ketika kadar oksigen dalam pesawat semakin menipis secara otomatis kantong udara akan turun. Dan cara penggunaannya sudah diterangkan oleh para pramugara dan pramugari sebelum melakukan take off.
  • Kulit Kering
Di dalam kabin pesawat, kelembapan udara bisa saja turun. Hal ini dapat memberikan masalah pada kulit, yakni kulit kering. Selain itu, bagi yang memiliki alergi terhadap suhu dingin diwajibkan untuk membawa pakaian yang tebal seperti jaket atau sweater ketika naik pesawat.
  • Sembelit
Duduk terlalu lama dapat mengakibatkan beberapa macam masalah kesehatan, yang paling banyak dirasakan adalah sembelit atau susah buang air. Begitu juga saat naik pesawat dengan tujuan yang memakan waktu lama. Selain dapat beresiko terkena sembelit juga dapat mengalami perut kembung, sakit perut dan rasa malas.

Nah, demikian tadi beberapa macam gangguan ketika naik pesawat yang perlu diketahui. Jadi, pesawat merupakan alat transportasi jalur udara yang sekarang ini sudah banyak minati oleh banyak orang. Karena anti macet dan lebih cepat sampai ke tempat tujuan yang jauh maupun dekat. Hanya dalam hitungan jam ketika melakukan perjalan jauh apabila dibandingkan menggunakan jenis transportasi lainnya. Namun, naik pesawat juga memiliki resiko yang sama dengan naik alat transportasi lainnya seperti beberapa macam gangguan diatas. Alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu ketika hendak berpergian supaya diberikan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.  Semoga bermanfaat dan happy flying! (Baca Juga: Bahaya Membawa Koper Terlalu Berat )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D