Akibat Membawa Tas Terlalu Berat bagi Kesehatan

KesehatanPedia.com - Tas merupakan perlengkapan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Fungsi tas adalah sebagai wadah suatu barang berharga sehingga lebih aman dan mudah dibawa. Selain itu, tas juga membuat lebih efisien saat membawa barang, misalnya saat berpergian atau ke sekolah.

Akibat membawa tas berat
Banyak macam tas berdasarkan jenis dan fungsi masing – masing tas, salah satunya tas rangsel dan tas selempang. Tas rangsel biasa digunakan oleh para pelajar, pendaki gunung, atau para traveler untuk membawa barang berharga dan karena mudah dibawa. Menggunakan tas rangsel dengan cara digendong karena sudah ada dua tali tas yang sudah melekat pada tas agar tidak jatuh saat dibawa. Sedangkan tas selempang biasa digunakan oleh para pelajar dan terutama wanita. Namun, penggunaan tas tersebut dengan barang yang berat dapat mengalami gangguan dan sering dialami oleh kebanyakan orang, seperti cepat capek dan nyeri punggung. Sehingga menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Nah, apa saja akibat yang bisa di dapat saat membawa tas berat bagi kesehatan? Simak jawabannya berikut ini!

Dampak Buruk & Efek Negatif Menggunakan Tas Ransel dan Tas Selempang Berat bagi Tubuh

  • Mengganggu Pertumbuhan

Menggunakan tas yang memiliki berat melebihi berat badan dapat mengganggu pertumbuhan, terutama pada anak – anak. Saat usia ini, tulang masih dalam proses pertumbuhan dan akan mengalami gangguan apabila mengangkat beban lebih berat dari berat badannya. Sehingga mengakibatkan berbagai gangguan pada tulang, seperti bungkuk atau tulang tidak dapat tumbuh dengan normal. Oleh karena itu, hindari menggunakan tas dengan berat berlebih terutama pada anak – anak dan masukan barang yang sekiranya berharga saja. Sebab anak – anak hanya dapat mengangkat suatu benda hanya sekitar 10% - 20% dari berat tubuh.

  • Menyebabkan Scoliosis

Scoliosis merupakan penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke kanan atau ke kiri sebab terlalu berat sebelah membawa tas atau barang. Penyakit ini dapat terjadi pada para wanita, sebab tas yang dibawa bukan tas rangsel, melainkan tas model selempang yang menggunakan satu bagian tubuh yaitu bagian bahu. Alhasil tubuh akan mengikuti berat tas yang di bawa dengan itu secara lama kelamaan mengakibatkan tulang  punggung dan bahu membengkok ke samping atau scoliosis. Untuk menghindari gangguan pada tulang ini, sebaiknya bawalah tas yang di dalamnya terisi barang yang memang sangat diperlukan saja dan gunakan tas tersebut secara bergantian dengan bagian bahu lainnya.

  • Menyebabkan Sakit Punggung

Selain mengakibatkan scoliosis dan bungkuk, membawa tas berat dapat mengakibatkan nyeri dan sakit pada punggung. Hal ini dapat terjadi pada orang dewasa sebab kondisi tulang yang sudah tidak begitu kuat dan kepadatan tulang mulai terkikis. Untuk itu, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D, K dapat menguatkan tulang serta mengembalikan kepadatan tulang di usia tua.

Nah, itulah tadi akibat dari penggunaan tas berbeban berat dalam kehidupan sehari – hari. Jadi, hindari penggunaan tas berat saat melakukan kegiatan yang jauh dan terlalu lama yang dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan terutama tulang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca: Bahaya Memakai Pakaian Ketat & Celana Legging bagi Kesehatan


Advertisement

Artikel Lainnya :-D