Terapi Emosi untuk Ibu Hamil / Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri dan anggota keluarga lainnya, kondisi ini akan dialami oleh semua wanita sehat pada usia produktif. 

Namun, ibu hamil biasanya cenderung mengalami perubahan psikologi karena dipengaruhi oleh adanya hormon kehamilan yang membuat emosi tidak terkontrol sehingga ibu hamil mudah marah, sering menangis, dan sering merasa gelisah. 

Terapi emosi ibu hamil / masa kehamilan
Image Source: pixabay.com
Semua perubahan psikologi tersebut akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya, cara terbaik untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan psikologi ibu hamil dengan cara melakukan terapi emosi. 

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang sehingga cara ini juga dianjurkan untuk memberikan kenyamanan untuk ibu dan janinnya. Terapi musik klasik bermanfaat untuk mengubah pola pikir menjadi positif, membuat hormon menjadi seimbang dan dapat memberikan stimulasi pada perkembangan janin.

Terapi musik klasik bisa dilakukan sepanjang kehamilan meskipun setiap usia kehamilan mempunyai keluhan yang berbeda, pada trimester pertama ibu hamil sering mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi psikis sehingga akan mengalami rasa sedih yang berlebihan. Selanjutnya, pada trimester kedua ibu hamil sering merasa tidak nyaman dengan keberadaan fisik karena berhubungan dengan posisi tidur. Sedangkan, pada trimester terakhir ibu hamil akan mengalami stres karena adanya rasa cemas menjelang persalinan.

Tahapan Yang Dapat Dilakukan Ketika Melakukan Terapi Musik :

  1. Luangkan waktu untuk mendengarkan musik klasik sekitar 30 menit setiap harinya
  2. Gunakanlah earphone atau headset agar suasana menjadi lebih rileks
  3. Duduklah dengan posisi tubuh yang bersandar
  4. Sesekali tempelkan earphone pada bagian perut supaya bayi dapat mendengarnya
  5. Aturlah volume sedang ketika ingin mendengarkannya pada bayi
Penting untuk tidak mendengarkan musik klasik hingga tertidur karena dapat berpengaruh terhadap tingkat emosi dan gangguan janin, karena ketika bangun tidur kondisi ibu hamil akan kembali pada tingkat stres yang dialami sebelumnya. Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik Klasik untuk Janin dan Ibu Hamil

Cara ini cukup mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun, untuk itu janganlah ragu untuk menerapkannya karena setiap orang tua pasti ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan sehat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D