Manfaat Mendengarkan Musik Klasik untuk Janin dan Ibu Hamil


Manfaat Musik bagi Kesehatan Janin

Musik merupakan hal yang paling banyak disukai oleh banyak orang, begitu juga bagi ibu hamil. Musik dapat dijadikan sebagai mood booster bagi seseorang yang galau atau stress. Bagi kesehatan kandungan, musik yang gembira dapat memberikan rasa yang senang dan gembira pula bagi ibu hamil dan janinnya, seperti musik klasik dan ayat – ayat suci Al-Quran yang sering diperdengarkan kepada janin. Selain itu, ada pula manfaat lainnya yang didapatkan dari mendengarkan musik pada janin. Seperti uraian berikut ini :

Manfaat mendengarkan musik klasik untuk janin dan ibu hamil
Image Source: pixabay.com

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik / Lagu bagi Kesehatan Janin / Bayi dalam Kandungan Ibu Hamil



  • Meningkatkan Kemampuan Pendengaran 
Mendengarkan musik kepada bayi saat masih dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan pendengaran dan konsentrasi bayi. Hal ini dikarenakan saat didengarkan musik melalui earphone yang ditempelkan pada perut ibu hamil akan dapat dirasakan suaranya oleh bayi di dalam kandungan. 
 

  • Meningkatkan Kemampuan Respon Gerak
Bayi dalam kandungan senang bergerak dan bereaksi terhadap suara, tak khayal ada bayi yang suka menendang – nendang dalam kandungan. Dengan sering dan rutin mendengarkan selama beberapa menit berbagai genre musik, terutama ayat suci al-Quran dan musik klasik bayi akan dapat merespon suara tersebut dengan gerakan. Namun, jangan juga terlalu keras memutar musik atau berada di tempat yang bising, karena tidak baik bagi kesehatan sang buah hati. 


  • Membentuk Kepribadian 
Mendengarkan musik dalam kandungan dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian calon buah hati kelak saat di dunia. Apabila yang diperdengarkan adalah musik yang kalem atau melo, kelak anak tersebut akan berprilaku kalem dan tenang. Sebaliknya, apabila diperdengarkan lagu yang ceria dan bersemangat akan membentuk kepribadian yang periang dan aktif.


Nah, itulah tadi manfaat mendengarkan musik saat masa kehamilan bagi janin. Ternyata, mendengarkan musik kepada bayi saat dalam kandungan dapat menyehatkan dan membentuk kepribadian yang baik nantinya. Jadi, bagi para ibu hamil disarankan untuk mendengarkan musik kepada calon buah hati saat di kandungan. Namun, perlu diperhatikan juga volume dari musik tersebut jangan terlalu keras agar tidak berpengaruh terhadap kesehatan bayi di dalam kandungan. Happy reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D