Bahaya Memakai Helm Kotor bagi Kesehatan Kulit Kepala & Rambut

KesehatanPedia.com - Helm merupakan salah satu atribut atau perlengkapan berkendara yang wajib hukumnya untuk digunakan. Selain dapat ditilang bapak atau ibu polisi karena melanggar peraturan lalu lintas, tidak menggunakan helm juga dapat berakibat fatal saat terjadi kecelakaan. Sebab helm memiliki fungsi yang besar untuk melindungi kepala dari benturan yang dapat menyebabkan gangguan pada organ kepala atau bahkan amnesia. Sehingga penting sekali bagi pengguna kendara bermotor untuk menggunakan helm, apalagi untuk para biker. 
Seperti halnya motor, helm juga perlu dirawat supaya tetap bersih dan nyaman saat digunakan. Namun, apa jadinya jika helm jarang dibersihkan atau malah tidak sama sekali dibersihkan?

Ada banyak masalah yang didapatkan apabila jarang membersihkan helm bagi kesehatan dan juga keselamatan para pengendara. Contohnya kaca helm yang kotor dapat mengganggu pandangan pengendara, begitu juga dengan bagian dalam dari helm dapat menyebabkan beberapa masalah pada kepala, seperti berikut ini!
Bahaya memakai helm kotor bagi kesehatan kulit kepala & rambut
Image Source: pixabay.com

Akibat & Dampak Negatif Menggunakan Helm yang Tidak Dibersihkan 

  • Menyebabkan Ketombe
Memakai helm yang jarang dibersihkan selain dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala juga dapat memicu timbulnya ketombe. Untuk menghilangkan ketombe juga termasuk keadaan yang sulit untuk dilakukan apabila tidak diatasi dari awal permasalahan pemicu ketombe itu sendiri. Selain itu jug membutuhkan biaya yang cukup mahal apabila sudah berketombe. Oleh karena itu, sebaiknya jaga kebersihan helm dengan cara mencuci bagian dalam helm dan menjemurnya sampai kering. Nah, cara sederhana ini dapat mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala.

  • Rambut Rontok
Helm yang jarang dibersihkan dan hanya dipakai saja juga dapat menyebabkan gangguan pada kulit kepala seperti mudah ditumbuhi jamur dan virus. Apalagi saat berkendara dibawah terik matahari yang membuat kulit kepala mudah berkeringat dan sirkulasi udara di dalam helm tidak bagus. Alhasil kulit kepala menjadi lembab dan dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

  • Menimbulkan Koreng
Selain itu juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal akibat bakteri dan virus tersebut, sehingga para pengendara tidak segan – segan menggaruk kulit kepala. Nah, kebiasaan ini dapat menimbulkan luka pada kulit kepala serta berujung pada koreng di kepala.

Cara Mengatasi Masalah Saat Menggunakan Helm & Tips Membersihkan Helm yang Baik & Benar



Namun, semua masalah tersebut dapat teratasi dengan beberapa tips mengatasi gangguan saat menggunakan helm, seperti berikut ini!
  • Gunakan Pelapis Kepala
Kulit kepala dan rambut yang bersentuhan langsung dengan helm selain dapat menimbulkan gatal – gatal dan rambut rontok juga dapat membuat rambut menjadi berbau tidak sedap. Oleh karena itu, penggunaan pelapis kepala saat menggunakan helm sangat disarankan. Selain itu, juga dapat mencegah rambut lepek atau rambut yang bergelombang.

  • Bersihkan Helm
Nah, cara ini sangat penting untuk dilakukan untuk terhindar dari beberapa macam gangguan diatas. Dengan cara mencuci helm terutama bagian dalam helm yang sering bersentuhan langsung dengan kepala. Sebab, bagian dalam dari helm menjadi tempat yang cocok bagi para bakteri dan jamur untuk tumbuh. Untuk itulah cuci helm minimal dua bulan sekali, sehingga terhindar dari beberapa macam gangguan diatas. Caranya cukup mudah, hanya dengan memereteli / melepas setiap gabus pada bagian dalam helm, lalu mencucinya dengan menggunakan sabun atau detergen antiseptik. Selanjutnya peras dan jemur sampai kering. Apabila sudah kering pasang kembali sesuai dengan bagiannya masing – masing dan ingat jangan sampai salah ya!

  • Menjaga Kebersihan Rambut
Tidak hanya helm saja yang harus dijaga kebersihannya, namun begitu juga dengan rambut. Jadi percuma jika hanya helm saja yang dibersihkan namun kulit kepala dan rambut tidak dibersihkan juga. Selain itu, bawalah sisir untuk menata dan merapikan rambut setelah menggunakan helm. Hal ini berguna agar terhindar dari rambut kusut dan menjaga penampilan agar tetap menarik.

Nah, itulah tadi dampak memakai helm dan cara mengatasinya. Jadi, penggunaan helm saat berkendara merupakan hal yang wajib untuk dipatuhi bila mengaku seorang biker sejati. Semoga bermanfaat! Eits, dan jangan lupa baca artikel ini: Manfaat Berjoget bagi Kesehatan (kes/sam)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D