Manfaat Berjoget & Goyang Dangdut untuk Kesehatan

Manfaat Berjoget Bagi Kesehatan



Berjoget merupakan salah satu istilah menari yang umum di Indonesia dan diiringi musik dangdut. Dengan berjoget seseorang mampu mengekspresikan jiwanya melalui gerakan dan berjoget juga dapat menyehatkan tubuh kita agar selalu segar, bugar dan bersemangat. Mungkin bagi sebagian orang, berjoget diiringi musik dangdut merupakan hal yang sudah tidak jaman nya lagi dan dianggap kuno. Padahal berjoget menurut sebuah penelitian dapat meningkatkan kebugaran dan menghilangkan stress akibat pekerjaan atau rutinitas sehari – hari. Selain itu, musik dangdut merupakan musik asli Indonesia yang sudah diakui oleh dunia dan sebagai generasi penerus bangsa, sepatutnya kita wajib menjaga dan melestarikan lagu dangdut tersebut. 

Manfaat Joget & Bergoyang Dangdut bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Goyang Berjoget Dangdut



Manfaat lain dari berjoget dengan musik dangdut adalah meningkatkan kekuatan tubuh, menambah stamina, dan termasuk dalam interaksi sosial. Nah, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini :


  • Berjoget Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Dengan berjoget dapat meningkatkan kekuatan tubuh dengan cara memaksa otot tubuh untuk bertahan terhadap berat badan. Sedangkan, joget ditambah dengan lompat girang dapat pula meningkatkan kekuatan otot bagian kaki. 


  • Berjoget Menambah Keluwesan

Keluwesan atau fleksibel akan kita peroleh dengan berjoget apalagi diiringi dengan lagu dangdut yang merakyat dan membuat seseorang lebih dapat menghayati gerakannya. Lagu dangdut memiliki irama yang kalem dan enak didengarkan serta cocok untuk dibuat berjoget, sehingga tak sedikit orang yang secara reflek menggerakkan anggota tubuh ketika menghayati irama lagu dangdut, lalu menari dengan memejamkan matanya.


  • Berjoget Menambah Teman

Dengan kita berjoget bersama – sama dalam suatu acara dengan iringan lagu dangdut merupakan salah satu media interaksi sosial yang mampu menambah teman baru. Hal ini dikarenakan lagu dangdut yang merakyat dan disukai banyak orang. Selain itu, berjoget bersama – sama lebih menekankan kepada kerjasama tim, seperti joget poco – poco. 


  • Berjoget Meningkatkan Ketahanan Fisik

Berjoget secara rutin di setiap pagi hari dapat meningkatkan ketahanan fisik, karena setiap anggota tubuh dipaksa untuk ikut berjoget, mulai dari kaki hingga kepala. Joget juga dapat digunakan sebagai senam dengan membuat gerakan yang dapat mengeluarkan keringat, sehingga tubuh akan menjadi sehat dan bugar kembali.  



Nah, itulah tadi manfaat dari berjoget bagi kesehatan. Sebagai generasi penerus bangsa kita wajib untuk melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan bangsa Indonesia ke mata dunia, salah satunya adalah joget dan musik dangdut. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D