Manfaat Tanaman Obat Daun Dewa untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Tanaman Dewa untuk Obat Herbal Alami

Daun dewa merupakan salah satu jenis tanaman obat yang dapat ditemukan dalam pekarangan rumah. Tanaman yang memiiki nama latin Gynura segetum merupakan tanaman serba guna. Sebab setiap bagian tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari akar, umbi, batang, sampai daun. Sudah sejak dulu tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti pendarahan, mimisan, muntah darah, telat datang bulan, pembukuan darah, gigitan binatang berbisa dan lain sebagainya.


Khasiat Tanaman Dewa untuk Obat Penyakit


Berikut ada beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan tanaman dewa dan cara menggunakannya sebagai obat.


Manfaat Tanaman Daun Dewa


  • Mengobati Kutil
Untuk mengobati kutil dapat menggunakan daun dewa. Caranya, siapkan daun dewa sebanyak 5 lembar, lalu cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang terdapat kutil, lalu balut dengan kain atau perban. Keesokan harinya, lepas perban kemarin dan ganti dengan ramuan yang baru. Lakukan sampai kutil benar – benar hilang.

  • Mengobati Gigitan Binatang Berbisa
Untuk mengobati gigitan binatang berbisa seperti ular, kita dapat menggunakan umbi dari tanaman dewa. Siapkan umbi tanaman dewa secukupnya, kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga halus atau lumatkan. Tempelkan pada bagian yang digigit binatang berbisa.

  • Terlambat Datang Bulan
Caranya, siapkan daun dewa sebanyak 15 -30 gram, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya tumbuk hingga halus dan saring sampai keluar airnya. Campurkan air perasan daun dewa dengan sedikit arak yang sebelumnya sudah dipanaskan dan minum.

  • Mengatasi Kejang Pada Anak
Untuk mengatasi kejang pada anak – anak dapat ditangani dengan menggunakan batang daun dewa yang ditumbuk hingga halus. Kemudian saring dan ambil airnya, campurkan dengan sedikit arak. Minuman pada anak yang mengalami kejang – kejang.

  • Mengobati Luka dan Masuk Angin
Caranya, siapkan umbi tanaman dewa sebanyak 9 gram, lalu cuci hingga bersih. Campur umbi dengan arak kuning, kemudian panaskan diatas api. Minum setelah dingin.

  • Mengatasi Pendarahan, Muntah Darah dan Batuk
Caranya, ambil batang tanaman dewa sebanyak 15 gram, cuci hingga bersih. Kemudian rebus sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan hangat.

Demikian tadi adalah beberapa manfaat tanaman dewa untuk mengobati berbagai macam penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D