Jenis Makanan Penambah Trombosit / Keping Darah

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Darah

Pernahkah membayangkan jika terjadi pendarahan karena luka tertusuk jarum ataupun karena terjadi kecelakaan, kemudian darah tidak dapat berhenti keluar? Mungkin nampaknya hal tersebut akan mengerikan bila kita dibayangkan. Nah, oleh karena itulah tubuh memiliki trombosit atau keping darah yang berguna dalam proses pembekuan darah ketika terjadi pendarahan akibat luka atau kecelakaan. Trombosit juga memiliki peran untuk meningkatkan sistem imun supaya terhindar dari penyakit yang menyerang sistem imun.

Namun, jumlah trombosit akan dapat berkurang ketika terkena penyakit tertentu, contohnya DBD (Demam Berdarah Dengue). Sehingga terjadilah berbagai masalah kesehatan seperti menurunnya sistem imun sehingga muda terserang penyakit akibat virus, darah sukar  membeku dan beberapa macam gangguan lainnya. Untuk itulah penting untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menambah trombosit atau keping darah. Nah, makanan apa sajakah itu? Simak jawabannya berikut ini!


Makanan Sehat Alami untuk Menambah Jumlah Trombosit / Keping Darah / Lempeng Darah


Makanan untuk Meningkatkan Keping Darah / Trombosit
  • Buah dan Daun Pepaya
Buah dan daun pepaya memang sangat disarankan bagi penderita DBD atau penyakit yang menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit dalam darah. Sebab, dengan mengkonsumsi buah atau daun pepaya secara alami dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

  • Sayur Hijau
Sayur hijau yang tinggi akan kandungan zat besi dan vitamin K juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, sehingga terhindar dari berbagai penyakit imun dan mencegah darah sukar membeku. Contohnya sayuran hijau tersebut seperti kangkung, bayam dan jenis sayur hijau lainnya.

  • Buah Delima
Buah yang memiliki warna merah merona ini memiliki jumlah zat besi yang tinggi di dalamnya, sehingga dapat membantu meningkat kadar trombosit dalam darah.

  • Bawang Putih
Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat meningkat jumlah trombosit dalam darah. Sehingga mampu mencegah penyakit sistem imun dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

  • Kismis dan Kurma
Kismis merupakan jenis makanan kering yang tinggi akan kandungan zat besi. Begitu juga dengan kurma yang tinggi akan zat besi sehingga dapat meningkat jumlah trombosit dalam darah.

  • Buah Bit
Dengan mengkonsumsi buah bit 2 kali seminggu sebanyak satu mangkuk saja dapat mencegah menurunnya kadar trombosit dan juga dapat mencegah anemia.

  • Buah Aprikot
Dengan rutin mengkonsumsi buah aprikot setiap hari dapat mencegah turunnya kadar trombosit dalam darah. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Demikian tadi beberapa jenis makanan penambah trombosit atau keping darah yang dapat dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D