Manfaat Air Tajin untuk Bayi dan Kesehatannya

Manfaat Air Tajin untuk Bayi

Setiap ibu di rumah pasti pernah memasak nasi, caranya pertama – tama pasti mencuci beras tersebut. Nah, air dari pencucian beras itulah yang disebut dengan air tajin. Air tersebut berwarna putih susu atau bahasa kerennya milk rice yang memiliki manfaat dan kandungan karbohidrat cukup tinggi. Biasanya air tajin di konsumsi oleh warga yang kurang mampu secara ekonomi untuk menggantikan ASI.

Air tajin memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga secara faktanya air tajin tidak bagus untuk bayi apalagi di usia di bawah enam bulan. Namun, masih ada juga yang menggunakan air tajin sebagai pengganti ASI. Jika Anda ingin mengetahui kandungan gizi dari air tajin, perhatikan tabel berikut ini :

Kandungan
Jumlah
Energi
43,20 Kal
Air
91,21 gram
Protein
0,66 gram
Lemak
1,92 gram
Karbohidrat
5,82 gram
Abu
0,38 gram
Vitamin B1
0,0046 mg
Besi
0,086 mg



Khasiat Air Tajin bagi Kesehatan Bayi

Nah , itulah tadi kandungan dari air tajin. Berikut adalah manfaat dari air tajin untuk buah hati Anda. Walaupun sebenarnya air tajin tidak dapat di gunakan untuk menggantikan ASI, tetapi masih ada manfaat dari air tajin untuk bayi. Simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Air Tajin untuk Bayi
Manfaat Air Tajin

  • Mengatasi Dehidrasi karena Diare

Air tajin juga mengandung glukosa polimer yang dapat memudahkan penyerapan elektrolit. Hal tersebut berguna untuk mengatasi dehidrasi disebabkan oleh diare pada si kecil dan mudah untuk diserap oleh tubuh.

  • Pengganti ASI

Pada kenyataannya kedudukan ASI tidak dapat di gantikan oleh air tajin sebagai penggantinya. ASI memiliki peranan yang baik bagi tumbuh kembang buah hati dan tidak pernah tergantikan. Fungsi dari ASI salah satunya adalah sebagai anti body yang dapat menangkal kuman yang sewaktu – waktu bisa menyerang si bayi. Namun, penggunaan air tajin sebagai pengganti ASI malah membuat obesitas. Hal ini di sebabkan oleh tingginya kandungan karbohidrat di dalam air tajin tersebut.

Baca Juga Artikel Ini :


Nah, itulah tadi ulasan mengenai manfaat air tajin untuk bayi. Jadi, dapat kita simpulkan bahawa air tajin memiliki manfaat yang sedikit dan hampir tidak untuk bayi. Sebaiknya penggunaan ASI di usia dini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan, karena kandungannya tidak dapat digantikan oleh air tajin.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D