Manfaat Air Rebusan Jagung Manis untuk Kesehatan

Manfaat air rebusan jagung ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami. Membahas mengenai jagung, siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan yang satu ini. Merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat penting diseluruh dunia selain padi dan gandum dan termasuk ke dalam tanaman pokok masyarakat di Afrika dan beberapa daerah Indonesia. Jagung sekarang lebih dikenal sebagai pakan ternak, serta diolah menjadi minyak pangan dan tepung maizena.

Jagung memiliki batang dengan sekat-sekat seperti tebu dengan ketinggian antara 1 – 3 meter, tapi ada juga yang tingginya mencapai 6 meter. Berakar serabut yang bisa mencapai kedalaman 80 cm dan termasuk tumbuhan monokotil (berkeping satu). Bentuk tulang daun jagung melengkung dan ada bulu – bulu halus dipermukaannya. Bila tersentuh akan menyebabkan gatal-gatal atau kulit akan memerah.  Dalam satu pohon jagung menghasilkan satu tongkol jagung profilik, tetapi dengan adanya bioteknologi jagung telah memiliki berbagai macam jenis, seperti jagung gigi kuda, jagung, mutiara, jagung berondong atau popcorn, jagung tepung, jagung ketan, jagung manis, jagung bersisik, dan jagung mini karena bentuk bijinya yang kecil.

Biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sekitar 80%. Dalam 100 gram biji jagung dapat ditemukan kandungan kalori 355 kal, karbohidrat 73,3 gram, lemak 3,9 gram, protein 99,2 gram, vitamin A 51 SI, vitamin B1 0,38 mg, ferrum 2,4 mg, kalsium 10 mg dan fosfor 256 mg.


Manfaat Air Rebusan Jagung
Jagung Rebus

Manfaat Air Rebusan Jagung

Manfaat jagung selain sebagai makanan pokok dan pakan ternak juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti batu ginjal, batu empedu, tekanan darah tinggi, diabetes, dan mengatasi kebiasaan mengompol anak. Berikut cara penggunaan air rebusan jagung sebagai obat !

  • Batu ginjal

Caranya, siapkan 4 tongkol jagung muda beserta rambutnya sebanyak 1 genggam dan daun keji beling yang masih segar 8 helai. Kemudian, rebus semua bahan tersebut dengan 110 ml air. Saring air rebusan tersebut, dan minum setiap hari. Apabila batu ginjal yang berbentuk butiran mirip kerikil dan berbuih keluar, hentikan mengkonsumsi ramuan ini, dan beralihlah dengan mengkonsumsi daun kumis kucing dan meniran. Cara membuatnya cukup mudah dengan menyeduh daun kumis kucing dan daun meniran 30 gram menggunakan air panas, kemudian minum airnya saja.

  • Diabetes

Caranya dengan meminum air rebusan jagung tanpa dipisahkan dari tangkainya secara rutin, dua atau tiga kali dalam seminggu. Karena jagung memiliki rasa manis yang alami yang baik untuk penderita diabetes. Sekarang sudah banyak produk gula yang menggunakan sari pati jagung sebagai pemanis pelengkap teh dan kopi.

  • Batu empedu

Caranya, ambil 5 tongkol jagung muda dan 5 gram kumis kucing segar. Kemudian rebus kedua bahan tersebut dengan 110 ml air. Saring dan minum setiap hari selama dua minggu.

  • Mengatasi kebiasaan mengompol anak

Caranya dengan meminum secangkir seduhan rambut jagung setiap sebelum tidur. Namun perlu dieperhatikan, jangan berlebih dalam mengkonsumsinya karena air seduhan rambut jagung juga dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Sehingga cocok juga bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Caranya dengan merebus 5-7 tongkol jagung muda dan rambutnya sebanyak 1 genggam dengan 110 ml air. Saring dan minum air rebusan tersebut selama seminggu.


Jangan lupa juga untuk membaca :

>>> Khasiat Air Rebusan Daun Pepaya
>>> Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis


Tak disangka ternyata ada cukup banyak manfaat air rebusan jagung bagi kesehatan dan mengobati penyakit atau masalah kesehatan.  Semoga bermanfaat !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D