Efek Samping USG 4 Dimensi Apakah Negatif?

Efek Samping USG 4 Dimensi Apakah Negatif? – Bahaya USG 4 Dimensi pada saat ini masih sering menjadi pertanyaan bagi para calon ibu karena dari informasi yang sudah mereka dapatkan belum bisa menghilangkan rasa takut tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan informasi seputar USG.

Ultrasonografi atau USG adalah metode pemeriksaan kandungan atau organ dalam lainnya dengan menggunakan gelombang suara tinggi. Gelombang suara tersebut dipancarkan ke tubuh sehingga didapatkan gambaran rahim dan isinya dalam bentuk gambar yang dikenal dengan Sonogram yang dapat dilihat pada layar monitor dan dapat dicetak pada sebuah kertas.

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/dokter-medis-kedokteran-kesehatan-563428/
Metode USG 4 dimensi ini akan memberikan hasil yang lebih jelas dan mudah untuk dibaca, walaupun dilakukan oleh orang awam sekalipun. Di dalam metode ini tidak menggunakan jarum suntik, radiasi, cairan atau obat yang dimasukkan ke dalam tubuh sehingga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya. Bahkan, metode ini sudah dikembangkan selama bertahun-tahun dan tidak ada kejadian yang menunjukkan bahwa Teknologi USG 4 Dimensi menyebabkan gangguan pada ibu ataupun bayi yang ada di dalam kandungannya.

Selain itu, USG bisa dikatakan sebagai sebuah proses rutin yang dilakukan untuk mengetahui kondisi bayi di dalam kandungan. Kondisi janin atau bayi yang normal adalah letaknya berada tepat, jumlah air ketuban, badan janin, kondisi organ luar yang baik dan lengkap.

Sedangkan untuk biaya pemeriksaannya memang berbeda karena tergantung mengenai lokasinya. Beberapa pengakuan ibu hamil yang mengatakan bahwa biaya USG 4 Dimensi pada tahun 2013 sekitar pada tahun Rp 150.000 hingga sampai dengan Rp 600.000.

Efek samping USG 4 Dimensi Apakah Negatif? Jawabannya adalah tidak karena metode USG 4 Dimensi tidak berbahaya. Jika ada yang mengatakan metode ini berbahaya, maka itu merupakan ketakutan belaka karena belum ada bukti yang mendukung bahwa metode pemeriksaan USG 4 Dimensi berbeda bagi kesehatan tubuh calon ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. (Baca juga: Aturan Minum Prenagen Esensis: Cara Minum Susu)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D