Efek Samping Pil KB Yasmin & Manfaat Minum

Efek Samping Pil KB Yasmin & Manfaat Minum – Yasmin merupakan salah satu merek pil KB yang dapat digunakan sebagai kontrasepsi. Pada umumnya banyak wanita yang tertarik dengan kontrasepsi oral ini karena tidak dapat membuat pemakaiannya menjadi gemuk, menghilangkan jerawat dan tidak menimbulkan jerawat sehingga wanita yang menggunakannya dapat tetap cantik meskipun menggunakan kontrasepsi hormonal.
 
Dalam kemasannya, pil ini terdiri dari 21 tablet berbahan aktif yang mengandung preparat hormon dan 7 tablet berbahan non-aktif yang tidak mengandung bahan preparat hormon. Yasmin merupakan pil KB dengan dosis rendah yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan efek samping yang minimal jika dibandingkan dengan pil kontrasepsi lainnya. Walaupun demikian, pil ini tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat.

Efek samping pil KB Yasmin & manfaat minum

Pil kontrasepsi ini mempunyai kandungan dan sifat yang baik sehingga selain dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi, pil ini juga mempunyai manfaat lainnya seperti berat badan tidak naik, jerawat berkurang, menstruasi tetap sehat, mengurangi anemia serta dapat menyehatkan payudara dan ovarium.

Walaupun pil KB Yasmin mempunyai beberapa manfaat yang menguntungkan, namun produk ini juga mempunyai efek samping walaupun tidak selalu muncul karena jarang terjadi. Adapun efek sampingnya adalah sebagai berikut : 

1.    Depresi
2.    Migrain
3.    Mual
4.    Diare
5.    Nyeri punggung
6.    Kelainan kandung empedu
7.    Nyeri atau pembengkakan payudara
8.    Peningkatan kejadian pembekuan darah

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Pasien yang memiliki penyakit diabetes, masalah pembekuan darah, penyakit jantung, sakit kepala, kanker payudara, insufisiensi adrenal, stroke, tekanan darah tinggi, perokok aktif, penyakit ginjal, atau tumor hati, dilarang untuk mengkonsumsi obat ini.

Penting juga untuk memeriksakan kondisi tubuh ke dokter agar terhindar dari efek samping pil KB Yasmin bagi kesehatan tubuh. Jika terjadi dampak buruk segera hentikan pemakaian supaya kondisinya tidak semakin buruk. Kemudian, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter supaya mendapatkan rekomendasi pemakaian alat / pil kontrasepsi yang tepat. (Baca juga: Faktor-faktor Peyebab Terlambatnya Datang Bulan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D