Indikasi Parasetamol Sirup & Tablet

Indikasi Parasetamol Sirup & Tablet – Parasetamol atau acetaminophen merupakan obat yang mempunyai kemampuan untuk mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik dan mempunyai sifat anti-piretik sehingga mempunyai kemampuan untuk menurunkan demam.

Parasetamol dapat mengurangi nyeri dengan cara menghambat implus / rangsang nyeri di perifer dan menurunkan demam dengan cara menghambat pusat pengatur panas tubuh yang berada di hipotalamus.

Indikasi parasetamol sirup & tablet

Selain itu, obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan sirup ini juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu, demam, radang sendi, sakit gigi, sakit kepala dan nyeri otot. Meskipun obat ini mempunyai efek untuk mengurangi nyeri pada radang sendi (arthritis), namun tidak mempunyai kemampuan untuk mengobati penyebab peradangan dan pembengkakan sendi.

INDIKASI :

1.    Dapat mengurangi rasa nyeri pada berbagai kondisi (sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri trauma ringan, dan nyeri pasca operasi minor)
2.    Dapat menurunkan demam yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Ketika menyembuhkan demam, parasetamol hanya bersifat simtomatik yaitu untuk meredakan keluhan demam (hanya menurunkan suhu tubuh), tetapi tidak untuk mengobati atau mengatasi penyebab demam itu sendiri.

KONTRAINDIKASI :

1.    Tidak boleh diberikan kepada penderita hipersensitif atau orang yang alergi terhadap parasetamol
2.    Orang yang menderita gangguan fungsi hati berat

DOSIS DAN ATURAN PAKAI :

Parasetamol Tablet

Anak-anak 6 – 12 tahun     : ½ - 1 tablet, 3 – 4 kali sehari
Dewasa                                 : 1 tablet, 3 – 4 kali sehari

Parasetamol Sirup


  • Anak usia 0 – 1 tahun        : ½ sendok takar 5 ml, 3 – 4 kali sehari
  • Anak usia 1 – 2 tahun        : 1 sendok takar 5 ml, 3 – 4 kali sehari
  • Anak usia 2 – 6 tahun        : 1 – 2 sendok takar 5 ml, 3 – 4 kali sehari
  • Anak usia 6 – 9 tahun        : 2 – 3 sendok takar 5 ml, 3 – 4 kali sehari
  • Anak usia 9 – 12 tahun      : 3 – 4 sendok takar 5 ml, 3 – 4 kali sehari

Gunakanlah parasetamol berdasarkan pada dosis yang dianjurkan oleh dokter karena penggunaan yang melebihi dosis dapat menyebabkan overdosis dan efek samping yang serius.  Jika setelah mengkonsumsi selama 2 hari tidak menurun atau setelah 5 hari nyeri tidak menghilang, segeralah hubungi Unit Pelayanan Kesehatan. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Oleh karena itu, ketahuilah indikasi parasetamol sirup & tablet sebelum mengkonsumsinya. (Baca juga: Apa itu Sindrom Steven Johnson?)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D