Pertolongan Pertama untuk Orang yang Pingsan

Sebagai makhluk sosial, manusia diwajibkan untuk saling menolong antar sesamanya. Salah satunya adalah memberikan pertolongan ketika ada seseorang yang sedang mengalami musibah atau masalah seperti pertolongan pertama untuk mengatasi orang yang pingsan. Ketika menghadapi hal ini dibutuhkan pengetahuan yang tepat mengenai apa saja yang harus dilakukan tanpa rasa panik.

1.    Survei Area Pingsan

Pertolongan pertama untuk orang yang pingsan
Image Source: pixabay.com
Jika menemukan ada yang pingsan, maka hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa berbagai hal yang ada di sekitarnya untuk mengetahui penyebabnya. Bisa saja disebabkan karena dia telah mengkonsumsi makanan beracun dan lain sebagainya.

2.    Menopang Tubuhnya

Sebenarnya orang pingsan belum mengalami kehilangan kesadaran secara total. Sebaiknya segera topang tubuhnya untuk memberikan kelancaran pada sirkulasi darah.

3.    Jangan Bergerombol

Sebaiknya jangan bergerombol ketika melihat orang yang pingsan karena dia membutuhkan udara segar. Pasalnya, bergerombol akan membuatnya kesulitan untuk mendapatkan udara.

4.    Jangan Terus Gerakan Korban

Jangan terus menerus menggerakkan korban karena bisa saja dia mengalami cedera lain saat jatuh pingsan.

5.    Cek Respon Korban

Segera cek respon korban dengan memeriksa dan mengakar tingkat kesadarannya. Jika tidak ada respon yang diberikan sebaiknya bawalah ke dokter atau rumah sakit terdekat.

6.    Lakukan CPR

Setelah menghubungi rumah sakit, lakukan CPR karena orang yang pingsan dalam waktu lama pernapasannya akan melemah dan akan membahayakan kondisinya.


7.    Berikan Minuman Manis

Apabila korban telah sadar, maka berikan minuman manis untuk mengembalikan energi dan menstabilkan kondisinya.

Meskipun terlihat sederhana, namun untuk mengatasinya harus benar hati-hati dan harus tepat terutama saat melakukan CPR agar tidak membahayakan kondisi korban. (Baca juga: Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Luka Bakar)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D