Pengertian, Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Hampir setiap orang pasti sudah pernah mendengar tentang penyakit lupus tetapi belum mengetahui secara jelas mengenai pengertiannya. Penyakit ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika menderita penyakit ini, jaringan yang terdapat di dalam tubuh dianggap sebagai benda asing sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi terpacu untuk terus membentuk antibodi dalam jumlah yang berlebihan sehingga dapat menyerang sel jaringan yang berfungsi dengan baik.

Penderita penyakit lupus akan mengalami gejala seperti mual, muntah, didukung dengan diare bahkan sembelit, tubuh terasa lemah dan demam yang disertai dengan pegal-pegal. Karena banyak penyakit lain yang mempunyai gejala yang hampir sama sehingga sulit untuk membedakannya dengan jelas. Namun, jika mengalami gejala-gejala tersebut segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab penyakit lupus

Apabila sudah dalam keadaan yang cukup kronis biasanya akan timbul gejala lain seperti timbul ruam kemerahan di daerah kulit khususnya pada bagian wajah, biasanya ruam yang ditimbulkan mempunyai bentuk seperti kupu-kupu. Kemudian, akan disertai dengan gejala rambut yang selalu rontok dan sariawan.

Penyakit ini dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya, adapun cara pengobatannya dapat dilakukan dengan bantuan medis agar lebih aman dan bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien. Mencegah lebih baik daripada mengobati, agar terhindar dari penyakit lupus dan berbagai penyakit berbahaya lainnya sebaiknya selalu terapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur dan tidur dengan cukup. (Baca juga: Penyebab dan Gejala Penyakit Kusta)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D