Mengenal Jenis-jenis Penyakit Hepatitis berdasarkan Tipenya

Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang  dapat disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi alkohol, racun, obat-obatan spesifik hingga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Namun, hingga sekarang masyarakat belum memahami secara jelas mengenai penyakit ini dan jenis-jenisnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis penyakit hepatitis yang harus diketahui.

Jenis-jenis penyakit hepatitis

1.    Hepatitis A (HAV)

Pada umumnya penyakit jenis ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitanya atau dengan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi virus hepatitis A. Tipe ini merupakan tahap awal penyakit hepatitis lainnya, biasanya penderitanya akan mendapatkan sistem pengobatan dengan cara tital agar tidak berlanjut dengan penyakit tahapan selanjutnya.

2.    Hepatitis B (HBV)

Jenis penyakit ini sering ditularkan melalui darah, air mani dan cairan tubuh yang lainnya. Penyakit ini juga dapat ditularkan oleh ibu yang terinfeksi kepada buah hatinya dan dapat ditularkan melalui jarum suntik yang digunakan untuk penderitanya.

3.    Hepatitis C (HCV)

Sebagian besar penyakit hepatitis jenis ini menular melalui darah seperti lewat transfusi darah dengan penderitanya, pemakaian jarum suntik yang bergantian. Tidak ada vaksinasi untuk penyakit jenis ini padahal hepatitis C dapat berujung pada kanker hati.

4.    Hepatitis D (HDV)

Jenis penyakit ini merupakan tahap kelanjutan dari hepatitis B, namun dalam keadaan yang lebih parah atau kronis dari sebelumnya.

5.    Hepatitis E (HEV)

Sama halnya dengan hepatitis A, penyakit jenis ini juga dapat ditularkan melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus penyebab penyakit ini. Biasanya penyakit ini banyak terdapat di negara berkembang yang mempunyai sinitasi lingkungan buruk.

Tingkat keparahan jenis-jenis penyakit hepatitis tidak didasari dengan urutan abjad yang mereka miliki karena jenis yang paling parah adalah penyakit hepatitis B dan hepatitis C. (Baca juga: Apa itu Sindrom Steven Johnson?)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D