Manfaat Sawi Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat banyak kandungan fitonutrien seperti karotenoid, vitamin A, vitamin K, flavonoid dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh.

Manfaat sawi hijau

1.     Memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk

Di dalam satu cangkir irisan sawi hijau terdapat sekitar 134% kandungan vitamin C yang direkomendasikan, sedangkan di dalam buah jeruk berukuran medium hanya terdapat kandungan vitamin C sekitar 113%.

2.    Mencegah diabetes dan menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam alfa-linoleat dan asam lemak omega-3 berguna untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe-2 dan dapat menjaga kesehatan jantung sehingga dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya.

3.    Menurunkan berat badan

Di dalamnya terdapat kandungan kalori sekitar 26 kkal per gramnya, selain itu sayuran ini juga kaya akan kandungan seratnya sehingga berguna untuk menurunkan berat badan.

4.    Anti-Kanker

Kandungan antioksidan yang terdiri dari flavonoid dan vitamin C mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

5.    Mencegah Arthritis dan Osteoporosis

Mengkonsumsi sawi hijau secara teratur dapat mencegah terjadinya arthritis dan osteoporosis.
Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun sawi hijau tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita batu ginjal karena di dalamnya terdapat zat okasalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. (Baca juga: Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D