Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Tomat


Tomat merupakan salah satu bahan makanan yang digolongkan dalam kelompok sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut disebabkan karena adanya jenis tomat sayur dan tomat buah. Tomat sayur memiliki ukuran yang lebih kecil dengan biji yang lebih banyak, sedangkan tomat buah memiliki ukuran yang lebih besar dengan daging yang tebal. Tanamannya merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan hampir di seluruh dunia, termasuk di Negara Indonesia. Selain bermanfaat untuk bahan masakan tomat juga dapat diolah menjadi jus segar.

Kandungan Gizi TomatTomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak apabila dibandingan dengan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Selain kaya akan kandungan vitamin C, buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Di dalam tomat juga terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal terjadinya radikal bebas, mempercepat proses penyembuhan serta mengencangkan kulit. Selain itu juga memiliki kandungan mineral seperti lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan karbohidrat serta memiliki kandungan vitamin seperti, vitamin A (Karoten), Vitamin  B (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), vitamin C (Asam Askorbat).

Kandungan Nutrisi Buah / Sayur Tomat dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh


Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalam tomat, berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.

Menetralisir Radikal Bebas

Tomat mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang berpengaruh sebagai penjaga kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah ini juga terdapat kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Dengan adanya kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan menajamkan pengelihatan. Vitamin A akan membentuk konveksi sinyal molekul yang akan diterima oleh retina menjadi proyeksi gambar untuk diserahkan kepada otak supaya lebih cepat mereseponnya.

Sebagai Anti-Flamasi/ Anti Radang

Tomat memiliki sifat sebagai anti flmasi/ anti peradangan sehingga mampu mencegah dan menyembuhkan peradangan, seperti peradangan yang terjadi akibat adanya jerawat.

Mencegah Penggumpalan Darah

Buah ini memiliki kandungan biji yang memiliki gel. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh. Darah yang menggumpal akan menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung. Hal tersebut disebabkan karena adanya aliran darah yang tersumbat sehingga proses aliran darah menjadi lebih lambat dan menyebabkan tubuh akan kekurangan suplai darah.

Tomat merupakan bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Pembaca tentunya sudah mengetahui bahwa bahan alami seperti tomat lebih aman untuk dikonsumsi daripada mengonsumsi obat yang banyak mengandung bahan kimia. Mengonsumsi banyak obat jangka panjang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaatnya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tomat secara bijak.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D