Bahaya Mengonsumsi Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Kuning telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung sumber vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, namun mengkonsumsi kuning telur tidak baik dilakukan bagi orang yang punya masalah pada organ jantungnya sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Bahaya kuning telur Mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan pada orang yang beresiko terkena penyakit jantung dapat meningkatkan resiko pengerasan arteri yang dikenal dengan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi dimana terjadinya penebalan dinding arteri bagian dalam karena endapan plak yang berasal dari kolesterol, lemak dan buangan sel lain. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penghambatan dan penyumbatan pasokan darah menuju sel-sel otot. Jika masalah aterosklerosis terjadi pada dinding arteri jantung, maka masalah ini disebut dengan penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik.

Pernyataan tersebut sudah didukung oleh Dr. David Spence yang melakukan penelitian di University of Western Ontario, London – Kanada yang menyatakan bahwa mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan sama buruknya dengan dua per tiga dengan kebiasaan merokok.

Penelitian tersebut telah melibatkan sebanyak 1.231 pria dan wanita dengan rata-rata usia sekitar 61.5 tahun yang mengikuti survei. Penelitian tersebut menggunakan USG untuk mengukur total plak dan orang-orang yang terlibat diwajibkan untuk mengisi kuisioner sesuai dengan gaya hasil masing-masing.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa, daerah plak carotid meningkat setelah usia 40 tahun, namun peningkatan akan terus terjadi setelah bertahun-tahun rutin merokok dan mengkonsumsi kuning telur. Tingginya asupan kolesterol tinggi di dalam kuning telur dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Dengan faktor usia dan jangka panjang ketika rutin mengkonsumsinya dapat membentuk plak secara bertahap pada arteri dan kuning telur membuatnya terbentuk dengan cepat.

Setelah mengetahui informasi ini diharapkan untuk mengurangi mengkonsumsi kuning telur terutama untuk orang yang mempunyai resiko terkena penyakit jantung. (Baca juga: Waspadai Bahaya Makanan Beku bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D