Tips Agar Tidak Lemas Berpuasa Meski Tanpa Sahur

Pada bulan Ramadhan, seluruh ummat muslim yang sudah baligh diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, pada awal bulan Ramadhan menjalankan ibadah puasa membuat kebanyakan orang belum terbiasa bangun untuk makan sahur. Agar tidak merasa lemas ketika menjalankan ibadah puasa meskipun tanpa sahur ada cara yang dapat dilakukan.
Agar tidak lemas saat berpuasa
 
1.    Motivasi Diri

Dengan beribu alasan, biasanya seseorang mulai terpengaruh dengan bisikan aneh di dalam pikirannya. Sebaiknya, Singkirkan pikiran tersebut dengan memotivasi diri sendiri walaupun tidak sempat sahur bukan berarti tidak dapat menjalankan ibadah puasa. Teruslah memotivasi diri sendiri karena dengan menguatkan niat untuk berpuasa akan melupakan kondisi perut.

2.    Mencari Kesibukkan

Rasa haus merupakan godaan utama ketika berpuasa dan hal tersebut akan diperparah dengan kondisi tubuh yang semakin lemas. Sebenarnya, hal tersebut terjadi jika seseorang terus memikirkan bahwa dia tidak makan sahur. Untuk mengatasinya, sebaiknya alihkan semua pikiran dengan kesibukan.

3.    Beribadah

Rasa lapar dan haus akan terus menghantui diri sendiri, sebaiknya cobalah untuk menjalankan ibadah seperti sholat, membaca Al-Qur’an, bersedekah dan melakukan kebaikan lainnya. Selain dapat mengalihkan pikiran, hal tersebut juga berguna untuk melipat gandakan pahala.

4.    Sabar dan terus Tersenyum

Hadapilah semua godaan ketika berpuasa dengan bersabar dan tersenyum. Ambilah semua hikmah yang terdapat di dalam bulan suci Ramadhan.

Walaupun dengan atau tanpa sahur, menjalankan ibadah puasa harus dilakukan niat dan ikhlas agar mendapatkan manfaatnya. (Baca juga: Tips Memenuhi Nutisi Saat Berpuasa)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D