Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan sejenis kanker leher dan kepala yang muncul di tenggorokan, biasanya muncul pada area selang sepanjang lima inci yang memanjang dari hidung ke leher atau pada kotak suara. Penyakit ini juga mempunyai nama lain, yaitu kanker tiroid yang dapat menunjukkan beberapa perubahan pada sekumpulan sel membelah diri dalam jumlah yang semakin banyak dan tidak bisa dikendalikan.
 
Penyebab dan gejala kanker tenggorokan
Adapun penyebab penyakit ini, kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan seperti menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut ini.

1.    Human Papilloma Virus (HPV)

Penyakit kanker tenggorokan dapat disebabkan oleh virus HPV yang biasa muncul pada area belakang lidah atau amandel yang mampu meningkatkan resiko terkena penyakit kanker tenggorokan.

2.    Produk Rokok

Kanker tenggorokan memang berkaitan erat dengan kebiasaan merokok sama halnya seperti kanker kepala dan kanker leher. Biasanya penyakit ini sering dialami oleh seorang perokok baik aktif maupun pasif karena di dalam asap rokok tersebut terdapat kandungan zat berbahaya yang mampu meningkatkan resiko terkena penyakit ini.

3.    Mengkonsumsi Alkohol

Penyakit ini banyak dialami oleh mereka yang gemar mengkonsumsi alkohol. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat memperburuk jaringan tenggorokan.

Setelah mengetahui gejalanya, pada kesempatan kali ini juga akan dijelaskan mengenai gejalanya. Gejala yang dapat dilihat dari bagian luar adalah laring menjadi kasar dan gejala selanjutnya adalah akan mengalami kesulitan saat menelan benda padat atau cair. Apabila telah mengalami gejala pada tahap akhir, akan ditandai dengan perubahan suara sehingga dapat disimpulkan kondisinya sudah berada dalam tingkat berbahaya. 

Sebenarnya, untuk mencegah penyakit kanker tenggorokan dapat dilakukan dengan cara menjauhi atau menghindari penyebabnya, yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat.(Baca juga: Penyebab, Gejala & Pengobatan Penyempitan Pembuluh Darah Jantung)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D