-->

Manfaat tertawa bagi kesehatan Tubuh dan Mental

Tertawa merupakan salah satu ekspresi seseorang yang menggambarkan rasa senang atau menunjukkan bahwa orang yang sedang tertawa adalah orang yang sedang bahagia. Selain dapat membuat bahagia dan hati menjadi tenang, ternyata tertawa juga mempunyai dampak positif bagi kesehatan tubuh.

1.    Kegiatan Berolahraga

Manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh dan mental
Image Source: pixabay.com
Kebiasaan ini dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan fisik seperti berolahraga. Pasalnya, pada saat tertawa otot-otot wajah akan meregang sehingga dapat meningkatkan denyut nadi dan oksigen menuju ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat melancarkan sistem pernapasan sehingga dapat memompa jantung lebih cepat dan dapat memperlancar peredaran darah.

2.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kebiasaan ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan perasaan stres yang berlebihan. Ketika tertawa, kadar oksigen meningkat dan membentuk antibodi yang dapat memerangi infeksi di dalam tubuh.

3.    Terhindar Dari Penyakit Kronis

Tertawa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekitar 26% sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung dan hipertensi.

4.    Meningkatkan Kesehatan Mental

Tertawa dapat membantu seseorang untuk menahan energi negatif pada saat suasana hatinya menjadi buruk. Hal tersebut disebabkan oleh hormon endorfin yang dilepaskan saat tertawa yang dapat membuat perasaan jauh lebih baik sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

5.    Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Meskipun tidak dapat menyembuhkan suatu penyakit, tertawa dapat meringankan rasa sakit yang dirasakan.

 Selain dapat menggambarkan suasana hati yang sedang bahagia, ternyata tertawa juga berguna bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. (Baca juga: 4 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh & Mata)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel