Manfaat Kurma bagi Kesehatan di Bulan Puasa

Kurma merupakan buah yang banyak dikonsumsi pada bulan puasa karena dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka. Rasa manis yang dimiliki oleh buah ini dapat memberikan sumber energi yang telah hilang seharian akibat menjalani puasa. Selain itu, mengkonsumsi kurma saat berbuka juga dapat membuat perut menjadi cepat kenyang sehingga berguna untuk mengontrol nafsu makan.

Manfaat kurma

Di dalam buah ini terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu mengandung gula sekitar 75% - 87%,  untuk kandungan gula yang berbentuk glukosa ada sekitar 55% serta yang dapat membentuk fruktosa ada sekitar 45%. Sementara itu kurma juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, lemak, protein, dan mineral. Berkat kandungan nutrisi tersebut, buah kurma mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


1.    Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah

Di dalam buah ini terdapat kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung akan mengalami peningkatan pada saat berbuka puasa. Biasanya kondisi tersebut terjadi setelah mengkonsumsi daging dan karbohidrat saat berbuka puasa, oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma terlebih dahulu sebelum menyantap menu buka.

2.    Mencegah Sembelit

Kandungan serat tinggi di dalamnya sangat efektif dalam mengatasi masalah dalam pencernaan seperti sembelit dan gangguan kesehatan lainnya.

3.    Sebagai Sumber Energi

Kandungan glukosa di dalamnya adalah sumber energi yang dapat membuat tumbuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa.

4.    Menjaga Kondisi Pencernaan

Mengalami berbuka puasa dengan memakan buah kurma tidak akan mengagetkan perut karena  buah ini mempunyai sifat yang mudah dicerna oleh tubuh.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan di bulan puasa, akan tetapi buah ini tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi  secara berlebihan terutama bagi orang yang menderita diabetes. (Baca juga: Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan dan Kecantikan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D