Kandungan Gizi dan Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan

Tepung tapioka atau tepung kanji merupakan jenis tepung yang berasal dari olahan akar singkong, biasanya tepung ini digunakan untuk membuat makanan yang memiliki rasa gurih dan manis seperti campuran pembuatan pudding, campuran pembuatan bakso, cilok dan lain sebagainya. Di dalam tepung ini terdapat kandungan rendah lemak dan tinggi karbohidrat sehingga mampu menambah berat badan. Selain dapat menurunkan berat badan, tepung tapioka juga mempunyai manfaat lainnya salah satunya seperti menguatkan tulang dan menguatkan energi.

Manfaat tepung tapioka

1.    Sumber Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu golongan mineral yang berguna untuk proses pembentukan sel darah merah, memproduksi protein hemoglobin dan mioglobin serta dapat membawa oksigen dalam darah menuju berbagai organ tubuh.

2.    Rendah Natrium

Di dalam 100 gram tepung tapioka terdapat kandungan natrium sekitar 2 mg, hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh karena jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi natrium maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

3.    Karbohidrat dan Nutrisi Lainnya

Di dalam ½ cup tepung tapioka terdapat 272 kalori, mempunyai kandungan jumlah serat sekitar 0,7 gram, karbohidrat sekitar 67,4 gram sehingga tepung ini dapat dikonsumsi ketika ingin menaikkan berat badan karena mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

 Dibalik tepung tapioka yang dianggap tidak mempunyai kandungan nutrisi apapun, ternyata juga terdapat banyak nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh khususnya untuk membantu menambah berat badan. (Baca juga: Berapa Jumlah Kandungan Kalori Roti Gandum?)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D