Cara untuk Menjaga Kesehatan Pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting, yaitu berfungsi untuk memproduksi berbagai macam hormon penting seperti insulin, semotostatin, glucagon dan polypeptide. Oleh karena itu menjaga kesehatan pankreas juga sangat penting sama dengan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.
 
Menjaga kesehatan pankreasSebenarnya menjaga kesehatan pankreas merupakan hal yang mudah, karena tidak perlu harus membeli produk atau obat-obatan tertentu bahkan juga tidak diperlukan terapi klinis apapun. Menjaga kesehatan pankreas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

1.    Anggur Merah

Di balik rasanya yang lezat, anggur merah juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan karena kandungan resveratrol dan antioksidan di dalamnya yang berguna untuk menjaga kesehatan pankreas serta dapat membunuh agen kanker pada jaringan pankreas.

2.    Cherry

Selain mempunyai rasa yang lezat dengan bentuknya yang cantik, ternyata cherry juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan tinggi yang setara dengan anggur yang berguna untuk menjauhkan pankreas dari resiko terkena kanker dan penyakit akut lainnya.

3.    Yogurt

Makanan ini merupakan salah satu produk olahan susu yang kaya akan kandungan prebiotik yang berguna dalam menjaga keseimbangan bakteri penting di dalam tubuh. keberadaan bakteri baik atau prebiotik di dalamnya dapat membantu fungsi pankreas dan dapat menjauhkan pankreas dari gangguan penyakit.

4.    Bayam

Di dalam sayuran ini terdapat banyak kandungan zat aktif yang berperan untuk menjaga kesehatan pankreas dan dapat mengurangi resiko penyakit kanker pankreas.

5.    Brokoli

Meskipun tidak banyak orang yang  menyukai brokoli namun di dalamnya terdapat kandungan flavonoid yang berguna untuk melindungi jaringan pankreas dan menjaga kesehatan pankreas.

6.    Bawang Putih

Selain banyak digunakan sebagai bumbu masakan, di dalam bawang putih terdapat kandungan zat penting yang penting bagi kesehatan pankreas seperti selenium, argine, flavonoid, dan sulfur.

Walaupun mempunyai fungsi yang penting, namun keberadaan dan kesehatan pankreas sering diabaikan. Oleh karena itu, mulai sekarang jagalah kesehatan pankreas dan organ tubuh lainnya. (Baca juga: Mengenal Penyakit Batu Empedu dan Gejalanya)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D