Penyebab Perut Berbunyi Ketika Tidak Merasa Lapar

Kemungkinan besar, akan timbul pertanyaan ketika perut berbunyi saat tidak merasa lapar. Perut berbunyi memang identik dengan adanya rasa lapar atau perut dalam keadaan kosong. Selain karena lapar, perut berbunyi disebabkan karena terjadinya proses gerakan dari perut dengan perut kecil atau bisa juga suaranya berasal dari tabung pencernaan. 
 
Tabung pencernaan merupakan tabung panjang yang dimulai dari mulut dan berakhir pada anus. Tabung tersebut berfungsi untuk menghubungkan berbagai macam organ-organ pencernaan. Cara pendorongan makanan menuju tabung pencernaan tersebut berasal dari proses gelombang kontraksi otot yang bergerak secara terus-menerus menuju tempat pencernaan yang disebut dengan gerakan peristaltik. Gerakan tersebut dapat membuat perut menjadi berbunyi, namun bukan dikarenakan lapar melainkan karena adanya gerakan antara benda pada, cairan dan adanya gas di dalam perut.
Penyebab perut berbunyi ketika tidak merasa lapar
Image Source: pixabay.com
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyebab perut berbunyi bukan berarti menandakan bila lapar karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan proses gerakan peristaltik atau pengolahan yang terjadi di dalam tabung pencernaan. Setelah sistem pencernaan sudah mengolah makanan, maka otak secara langsung akan merespon kiriman pesan dari otot dimana perut akan merasa lapar kembali.

Namun, perlu diwaspadai apabila perut sering berbunyi saat tidak dalam kondisi lapar. Hal tersebut merupakan gejala awal bahwa perut sedang mengalami masalah yang disebut dengan sindrom iritasi perut atau usus. Biasanya kondisi ini akan disertai dengan adanya keluhan lainnya seperti nyeri perut, susah buang air besar dan sering merasa mual. Apabila mengalami hal tersebut segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Baca juga: Tanda-tanda Kantuk / Mengantuk yang Tidak Sehat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D