Manfaat Tiram bagi Kesehatan Tubuh




Tiram merupakan salah satu jenis kerang laut yang banyak disediakan di rumah makan seafood, selain dapat diolah menjadi makanan yang nikmat ternyata tiram juga mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti kalsium, kalium, kalori zat besi da zinc. Selain itu banyak yang meyakini bahwa tiram berguna untuk menambah kepadatan tulang, mencegah anemia dan lain sebagainya.
Manfaat Tiram


1.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena berguna sebagai sumber protein tinggi dan rendah lemak sehingga baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3, kalium, magnesium, dan vitamin E di dalamnya mempunyai kemampuan untuk melindungi selaput lendir dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

3.    Memperkuat Tulang

Kandungan sumber mineral tinggi di dalamnya berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan kepadatan tulang sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang.

4.    Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam jumlah yang cukup banyak di dalam tiram diperlukan untuk memproduksi hemoglobin yang berperan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.

5.    Baik untuk Pertumbuhan Janin

Kandungan asam lemak omega 3 terutama DHA yang ditemukan di dalamnya berguna untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan janin.

Meskipun mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena adanya tingkat polusi perairan laut yang tinggi dikhawatirkan dapat membuat tiram mengandung logam berat yang merugikan bagi kesehatan. (Baca Juga: Manfaat Oncom bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D