Manfaat Kikil Sapi Untuk Kesehatan Tubuh


Kikil merupakan bagian tulang rawan yang membungkus tulang dan jari-jari kaki sapi tanpa adanya bulu-bulu yang melekat diatasnya. Kikil sapi biasa ditemukan diberbagai jenis hidangan nusantara seperti sate, sup, soto, mie dan lain sebagainya. Meskipun dianggap sebagai makanan sepele, ternyata kikil sapi mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kikil sapi

1.    Mempertahankan Kekuatan dan Elastisitas Kulit

Kandungan kolagen bersamaan dengan keratin dan elastin di dalamnya berguna untuk membentuk struktur pada jaringan guna mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

2.    Mencegah Resiko Penyakit Degeneratif

Kandungan selenium tinggi yang terdapat di dalamnya berguna sebagai antioksidan alami untuk mencegah terjadinya resiko penyakit degeneratif.

3.    Menghitamkan Rambut

Mengkonsumsi kikil sapi juga dipercaya dapat membantu menghitamkan kembali rambut yang telah beruban pada usia muda.

4.    Membantu Pertumbuhan Sel-sel di Dalam Tubuh

Kandungan protein dan kalsium di dalamnya berguna untuk membantu proses pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh, dapat menjaga tulang agar tetap kuat serta mencegah terjadinya osteoporosis.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kikil sapi mempunyai kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, penting juga untuk memilih dengan cermat dan teliti sebelum membeli atau mengolah kikil sapi karena pada jaman sekarang banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan rela melakukan hal apapun demi untuk mendapatkan banyak keuntungan. (Baca juga: Manfaat Daging Kelinci bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D