-->

Khasiat Merica bagi Kesehatan Tubuh


Merica atau lada merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk memasak. Selain itu ternyata merica juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam merica terdapat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niacin, riboflavin, pyridoksin, folat, kolin, serat, protein, karbohidrat serta mempunyai kadar gula dan kolesterol rendah sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Khasiat merica

1.    Menurunkan Berat Badan

Merica mempunyai kandungan senyawa kimia yang dikenal dengan capsaicin yang merupakan senyawa pemberi rasa pedas seperti cabai. Capsaicin juga berguna untuk membantu menurunkan berat badan karena mempunyai kemampuan membakar kalori dan lemak dengan sifat panasnya.

2.    Radang Sendi

Capsaicin juga bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi yang berperan untuk meringankan kondisi peradangan, seperti rasa sakit dan pembengkakan pada penderita arthritis.

3.    Kanker

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Inggris di University of Nottingham dan studi lainnya di American Association of Cancer Research mengungkapkan bahwa senyawa capsaicin di dalam merica mampu membunuh sel kanker tertentu terutama sel kanker prostat.

4.    Sakit Kepala

Kandungan senyawa capsaicin mempunyai kemampuan untuk memblokir neuripeptida yang dikenal sebagai subtansi P yang merupakan syaraf pengirim utama rasa sakit ke otak, sehingga mengkonsumsi merica dapat mengurangi gejala nyeri ketika sakit kepala.

5.    Hidung Tersumbat

Capsaicin dapat membersihkan sinus dan melawan infeksi sinus dengan cara membersihkan saluran rongga udara hidung sehingga dapat melonggarkan pernapasan ketika hidung tersumbat.

6.    Hipertensi

Pada umumnya di dalam merica terdapat banyak kandungan flavonoid, vitamin A, vitamin C yang merupakan zat yang berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Meskipun mempunyai banyak manfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh, namun tetap konsumsi dan gunakan merica dalam kadar yang secukupnya atau tidak berlebihan. (Baca Juga: Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan Tubuh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel