Jenis Suntik Silikon dan Efek Sampingnya

Pada jaman sekarang, banyak sekali orang yang rela melakukan apa saja demi untuk mendapatkan penampilan yang cantik salah satunya dengan suntik silikon. Silikon merupakan polimer non-organik yang mempunyai sifat variasi diantaranya seperti gel, karet, hingga sejenis plastik kertas. Selain itu, silikon juga mempunyai kriteria khusus yaitu kedap air, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak dapat menghantarkan listrik. 

Suntik silikon dan efek sampingnya

Untuk pertama kalinya silikon ditemukan untuk digunakan dalam pembuatan lem, pelumas, katup jantung buatan hingga diaplikasikan pada bagian tubuh lainnya seperti hidung, dagu, pantat, payudara dan lain sebagainya. Memang cara ini sudah banyak memberikan hasil sehingga banyak orang yang tergiur untuk ikut menerapkan cara instan tersebut. Padahal cara ini dapat memberikan efek samping jangka panjang bagi kesehatan tubuh.

1.    Silikon Padat

Jenis silikon ini mempunyai bentuk seperti karet dengan bentuknya yang padat. Silikon jenis ini banyak diaplikasikan di beberapa tempat untuk menjadi padat seperti untuk memancungkan hidung, merubah bentuk dagu dan lain sebagainya. Selain itu, pada beberapa kasus silikon jenis ini sering digunakan sebagai persendian buatan dan kantup jantung buatan. Efek samping yang ditimbulkan dari silikon padat ini adalah dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronis, terutama dalam pembentukan kristal silika hingga dapat memperburuk kondisi organ paru-paru.

2.    Silikon Cair

Jenis silikon ini mempunyai bentuk cairan yang banyak digunakan pada daerah cair seperti digunakan ketika retina mata lepas dari posisinya, sehingga mampu dimanfaatkan untuk memperbaikinya dengan suntuk silikon dengan alat perekatnya. Efek samping silikon cair ini, yaitu dapat mengundurkan bagian wajah seperti bibir, pipi, dagu, dan lain sebagainya.

3.    Silikon Gel

Silikon jenis ini paling banyak digunakan untuk merubah segala bentuk tubuh yang diinginkan karena dianggap paling bagus mengikuti bentuk dari tempat penyimpanannya. Silikon gel banyak digunakan di bagian pantat dan payudara. Adapun efek samping penggunaannya adalah dapat menyebabkan peradangan yang terjadi pada bagian yang disuntik hingga dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ paru-paru.

Meskipun dapat merubah tubuh sesuai dengan harapan, namun suntik silikon mempunyai efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh pada jangka panjangnya. (Baca juga: Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D